18:24:51 DBFMRadio.id : Jakarta - Mereflexi peringatan Hari Kartini ke 142, keberadaan perempuan Indonesia sangat merepresentasikan sosok pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini.


Menurut Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional -Menristek/BRIN- Bambang Brodjonegoro, dengan capaian perempuan Indonesia, yang berperan di bidang riset dan teknologi telah banyak tokoh perempuan Indonesia yang membuktikan diri dengan karya dan figur yang kuat sehingga mampu memposisikan dirinya dengan baik di segala bidang.


Menurutnl Menristek perempuan Indonesia yang memiliki profesi sebagai peneliti, perekayasa, inovator dan profesi lain, di bidang riset, teknologi dan inovasi mampu menghasilkan inovasi yang hebat. Bambang berjanji akan senantiasa mendukung setiap perempuan Indonesia.


"Sebagai laki-laki saya bangga dengan capaian perempuan Indonesia, khususnya di dunia riset dan inovasi. Kami akan selalu berusaha mendukung setiap perempuan hebat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas diri" kata Bambang Brodjonegoro, Rabu (21/4/2021).



Bambang Brodjonegoro juga Berharap, perempuan Indonesia dapat lebih mandiri dan memiliki peran yang besar untuk Bangsa , berakhlak mulia pencetak generasi penerus yang kompetitif Diera globalisasi ini.


"Dengan memiliki kualitas diri sehingga menjadi lebih mandiri berperan lebih besar untuk bangsa, menjadi generasi penerus dengan ilmu pengetahuan berkualitas dan memiliki akhlak mulia untuk mencetak generasi penerus bangsa yang secara kompetitif di era global ini" terus Menristek.


Pada forum yang sama Ahli genetika dan bioteknologi molekuler, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati - Institut Teknologi Bandung, Ernawati Arifin Giri Rachman, mengungkapkan sebagai peneliti dan Inovator, menjaga konsistensi menjadi tantangan tersendiri.


"Karena dalam meneliti Vaksin agar bisa dipergunakan memakan waktu lama, dari test sample hingga dapat di imunkan ke tubuh. Untuk menjaga konsistensi ini, lanjut Ernawati, harus tetap fokus dan tidak terbawa emosi, dengan berbagai komentar masyarakat." terang dia.


Pembicara lain pada dialog virtual Semangat Kartini untuk Inovasi Indonesia ini antara lain, Kepala Pusat Teknologi roket LAPAN Intan Suci Nurhayati, Pilot uji PT dirgantara Kapten Penerbang Esther Gayatri Saleh dan project integration management PT biofarma Neni nuraeni.(db-ytbkemenristek-aap).