(DBFMRadio.id) : Kalianda – Penyebaran COVID-19 tidak berpengaruh pada iklim suatu wilayah atau tempat, berdasarkan bukti sejauh ini, penyebaran virus dapat terjadi di semua area, termasuk area panas dan lembab.


Tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan sering membersihkan tangan dengan Hand Sanitizer atau mencucinya dengan sabun dan air, lalu mengeringkannya dengan menggunakan handuk kertas atau pengering udara hangat.


Dengan melakukan tindakan tersebut, dapat menghilangkan virus yang ada ditangan dan menghindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung.


Dikutip dari laman website World Health Organization (WHO), Cuaca dingin dan salju tidak bisa membunuh COVID-19, Suhu tubuh manusia normal tetap sekitar 36,5 ° C hingga 37 ° C, terlepas dari suhu eksternal atau cuaca.


Sama halnya, mandi dengan air panas, cara ini juga tidak mampu mencegah agar terhindar dari COVID-19, dengan mandi air panas dapat menyebabkan masalah baru, yakni dapat membakar kulit.


Penularan COVID-19 tidak dapat melalui gigitan nyamuk, COVID-19 adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung.


Orang yang terinfeksi COVID-19 membutuhkan waktu 2-10 hari sehingga orang tersebut dapat mengalami demam, artinya, Thermal Scanner belum cukup efektif untuk memindai adanya COVID-19 pada tubuh seseorang. sebab, thermal scanner hanya mampu mendeteksi orang yang mengalami demam.


Alkohol dan klorin dapat berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi perlu digunakan di bawah rekomendasi yang tepat, namun hal ini tidak dapat membunuh COVIOD-19, sehingga tidak disarankan menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh, sebab dapat berbahaya bagi pakaian dan selaput lendir (mata dan mulut).


Mencuci hidung dengan garam dan mengonsumsi bawang putih tidak dapat melindungi orang dari COVID-19, mencuci hidung dengan secara teratur dapat membantu orang pulih lebih cepat dari flu biasa. Namun, membilas hidung secara teratur belum terbukti mencegah infeksi pernapasan.


sedangkan, bawang putih adalah makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti dari wabah saat ini bahwa makan bawang putih telah melindungi orang dari coronavirus baru.


WHO menyarankan orang-orang dari segala usia untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari virus, misalnya dengan mengikuti kebersihan tangan yang baik dan kebersihan pernapasan yang tangan yang baik dan kebersihan pernapasan yang baik.


Hingga saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati COVID-19, mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit parah harus mendapatkan perawatan suportif yang dioptimalkan.


Para peneliti sedang mencoba mengembangkan vaksin melawan COVID-19, dan WHO mendukung upaya tersebut, vaksinasi terhadap penyakit pernapasan sangat dianjurkan untuk melindungi kesehatan, meskipun vaksin ini tidak efektif terhadap COVID-19. (db/ptm).