07:54:32 DBFMRadio.id : Bandarlampung - Psikolog Anak Seto Mulyadi menyebut Kunci sukses pendidikan anak berada pada sejauh mana kualitas seorang guru.


Menurut Kak Seto Yang pertama adalah, terjadinya peningkatan kualitas daripada guru. Artinya pemenuhan kompetensi dari pedagodi, sosial dan lain sebagainya,


Jika itu terpenuhi, maka Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diidamkan oleh banyak kabupaten/Kota bisa menjadi kenyataan.


"Jadi, dengan peningkatan kompetensi berarti menciptakan sekolah yang ramah anak, inilah yang dicita-citakan Kabupaten Lampung Selatan, sebagai Kabupaten layak anak" terang Kak Seto disela acara Indonesia Milenial Teacher Festival (IMTF) Kabupaten Lampung Selatan 2022, di Swiss Bell hotel Kota Bandar Lampung, Selasa (28/6/2022)



Pasca pandemi dan di era digitalisasi, guru diharapkan untuk terus berkembang yakni tak hanya menjadi pengajar tapi juga sahabat bagi para siswanya.


"Guru harus terus belajar, harus kreatif kemudian harus berkompetensi harus menjadi sahabat siswa. Punya strategi yang tepat, menguasai materi pelajaran, menguasai standar kompetensi kelulusan dan sebagainya," jelas Kak Seto.


Saat menjadi pemateri pada IMTF yang berlangsung 28 - 30 Juni 2022,  kembaran Kak Seno ini juga mengingatkan,  pendidikan sudah bergeser menjadi hak belajar setiap anak.


"Pendidikan itu adalah hak anak, jadi bukan wajib belajar, tapi hak belajar. Karena semua anak pada dasarnya senang belajar, cerdas dan berpotensi."tegasnya.


Karena, terus dia,  belajar itu bukan mengisi kepala anak sekedar hafalan teori tetapi menumbuhkan potensi anak menumbuhkan menjadi pribadi unggul di bidang masing-masing," tukas Kak Seto menyudahi keterangannya kepada awak media.(db-nett-aap).