DBFMinfo (Kalianda) : Dalam satu tahun, Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan melakukan pendataan ulang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) & Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) beras maupun telur, dibulan Juli dan November.


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan Dulhakar pada Dialog interaktif di Radio DBFM 93.0 Lampung Selatan Selasa sore mengatakan, hal itu dilakukan, karena dalam kurun waktu satu tahun data penerima bisa saja berubah, khususnya status kemiskinannya.


" Dalam setahun itukan bisa saja data berubah, hari ini dia miskin, besok sudah kaya. Oleh karena itu, dalam setiap 6 bulan kita perbaiki, bekerja sama dengan Kelala Desa, karena tanpa seijin Kepala Desa kita tidak bisa menginput data ke sistim" terang Dulhakar, Selasa (30/7/2019).


Pada Dialog intrtaktif JELITA (Jendela Informasi Wanita dan Anak) dengan Topik Meningkatkan Kemandirian Perempuan, yang dipandu Lusi Rahmawati ini, menanggapi pertanyaan dari sahabat DBFM Shinta di Rawi Penengahan, dalam sebulan masalah sosial terbanyak di Lampung Selatan, Dulhakar menjelaskan, permasalahan yang sering muncul adalah kekerasan terhadap perempuan dan anak, namun tidak begitu tinggi, meskipun demikian, pihaknya juga tetap melakukan pendampingan melalui Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3).


"Masalah sosial yang muncul yang kita dengar adalah masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak, tapi di Lampung Selatan tidak terlalu banyak ya, baru beberapa kali terjadi, tetapi kita selalu melakukan pendampingan melalui LK3, hingga sampai ke Pengadilan" jelas Dulhakar.


Untuk diketahui, data yang diperoleh info.dbfmradio.id terjadi 23 kasus kekerasan terhadap anak periode Januari-pertengahan Juni 2019. Terbagi dalan dua katagori, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pelecehan dan kekerasan seksual.(db).