14:57:30 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melantik dan mengukuhkan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Lampung Selatan Periode 2021-2025, di Padepokan IPSI Lampung Selatan, Kamis (16/09/2021).


"Saya  mendukung IPSI Kabupaten Lampung Selatan yang mana pencak silat merupakan warisan leluhur budaya bangsa, kemerdekaan yang direbut oleh pejuang-pejuang, para pendekar dan para kiyai untuk merebut suatu kemerdekaan bagaimana menyatukan seluruh jawara pada zamannya." Kata Nanang dalam sambutannya.


Nanang juga berharap,  dengan dikukuhkannya IPSI Kabupaten Lampung Selatan dapat membentuk pesilat  mewakili Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi dan Indonesia dikancah Internasional.


"Pelestarian budaya ini yang perlu kita jaga, siapa lagi yang mau menjaga budaya kita kalau bukan kita sendiri, jangan sampai budaya kita sendiri di akui oleh negara lain terutama negara tetangga", tegas Nanang.


Ditempat yang sama, Ketua Umum IPSI Lampung Selatan Wahrul Fauzi Silalahi,  mengatakan, sangat terinspirasi oleh program kerja Bupati Lamsel dengan taman edukasinya, Maka padepokan IPSI Lamsel juga menurunkan dan mengadakan taman-taman pendekar perguruan masing-masing.


"Dalam proses perjuangan IPSI lamsel kedepan kita butuh nasehat, kita butuh arahan bahwa yakinlah IPSI Lamsel tegak lurus dengan sikap kesatrianya untuk mengawal Bupati Lamsel", tuturnya



Wahrul Fauzi meyakinkan kepada Bupati,  pendekar dari seluruh perguruan yang hadir semua pada acara ini bertekad  bersatu menyatukan hati, menyatukan pikiran untuk bagaimana terus melestarikan dari segmentasi dimensi perguruan pencak silat.


"Prestasi itu dimensi yang harus dikembangkan, pada hari ini ada pelatih silat secara nasional, ada para atlit secara nasional. Atlit Lampung Selatan harus tetap bertahan dan menyerang sampai nasional dan internasional", kata Wahrul Fauzi


Ada 7 Penngcab IPSI


Kemudian, Ketua Harian IPSI Provinsi Lampung Arie Nanda Djausal mengatakan, sangat mengapresiasi IPSI Lamsel karena dengan kesungguhannya saat ini sudah 7 pengcab IPSI Kabupaten/Kota telah melaksanakan musyawarah cabang, tetapi baru IPSI Lamsel yang siap untuk dilantik.


Lanjut Arie, kesungguhan dan semangat juang itu hendaknya terus keluarkan dalam mengemban amanah dan memajukan pencak silat Lampung selatan, tentunya dengan mengakomodir seluruh pengurus yang ada baik perguruan lokal maupun perguruan nasional membina pencak silat sampai tingkat kecamatan dan desa.


"Pelantikan ini juga dirangkai dengan cirkuit putaran kedua zona satu yang akan dimulai hari ini.  Pemprov IPSI sungguh bangga kepada pengcab IPSI Lamsel, disaat Kabupaten/Kota yang lain tidak bersedia untuk menjadi tuan rumah tetapi Lampung Selatan begitu ditunjuk langsung siap dan bersedia menjadi tuan rumah", katanya


Lebih lanjut Arie menjelaskan, Cirkuit pencak silat diselenggarakan untuk mencari atlit-atlit unggul dalam rangka menghadapi PON 2025 mendatang dimana dalam cirkuit ini dibagi menjadi 3 zona yang masing-masing zona terdiri dari 5 Kabupaten/Kota selama 3 putaran.


"Saat ini sudah memasuki putaran ke 2 dan putaran 3 akan diadakan pada akhir Oktober mendatang, kemudian grand final akan diadakan di padepokan Provinsi Lampung akhir tahun nanti." tutup Arie.(db-bngpsp-aap).