18:42 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Selatan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Lampung menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Konten Video bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se - Kabupaten Lampung Selatan, berlangsung di Aula Rajabasa Kantor Bupati setempat. Rabu, (18/10/2023).


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Selatan, Anasrullah, S.Sos, M.M menyampaikan tujuan sosialisasi dan pelatihan ini agar masyarakat yang berada di desa mendapatkan informasi-informasi yang berkembang, berupa informasi dari pemerintah kepada masyarakat, dari masyarakat kepada pemerintah maupun dari masyarakat kepada masyarakat secara aktual.


Anasrullah menjelaskan tugas KIM adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.


“Dan utamanya bagi desa yang sudah di tetapkan sebagai Jaringan Desa Wisata dan Desa lainnya yang memiliki obyek wisata di desanya sehingga diharapkan nantinya KIM dapat mem-publikasikan atau mem-branding berbagai potensi baik wisata maupun UMKM ataupun potensi lain yang dimiliki masing-masing desa”, ucap Anas.


Dalam laporannya, beliau juga mengatakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang sudah terbentuk sebanyak 20 desa di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.


Pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Yanny Munawarty, S.T., M.M menjelaskan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola untuk masyarakat, berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat yang berperan dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.


"Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan konten video ini penting untuk kita ikuti guna mengedukasi masyarakat khususnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) agar siap bertransformasi secara digital dan menguasai teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan publik saat ini maupun yang akan datang", ujar Yanny.


Dirinya berharap dengan adanya pelatihan ini, akan memberikan ruang bagi KIM untuk membuat ruang online yang aman dan terjamin agar para anggotanya dapat berbagi ilmu serta saling membantu menciptakan jaringan.


“Dan mudah-mudahan melalui sosialisasi dan pelatihan pembuatan konten video ini juga kita dapat memahami dan mengerti bagaimana pengambilan objek video serta pembuatan berita yang layak untuk dijadikan informasi dan promosi potensi daerah yang kita tempati,", tutup Yanny. (swd-dwa)