DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60 tahun 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Korpri, Komplek Pemda Setempat, Selasa Pagi, 19 Maret 2024. Upacara dimulai sekitar pukul 07.55WIB.


Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto ini, turut dihadiri jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Thamrin, pejabat utama beserta Kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkab Lampung Selatan, seluruh staf Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS), satuan dari TNI-Polri.



Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang mengenakan jas berwarna hitam nampak memasuki lapangan upacara langsung menuju mimbar upacara. Upacara diawali laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.


“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, saya mengucapkan Dirgahayu Provinsi Lampung yang ke 60. Selamat pada seluruh masyarakat Lampung, semoga Provinsi lampung akan semakin maju, makmur dan sejahtera,” kata Nanang, berharap.


Selanjutnya, menyampaikan Sambutan Gubernur Lampung, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menuturkan, Provinsi Lampung dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian menjadi Undang Undang No 14 tahun 1964.


Pada awal pembentukan dibagi menjadi 4 wilayah administrasi yaitu kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan dan Kota Praja Tanjung Karang Teluk Betung. Sampai saat ini Provinsi Lampung terbagi dalam 13 Kabupaten dan 2 Kota.


Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60 tahun 2024 mengusung tema “Harmoni dalam Kolaborasi untuk Lampung Berjaya”.


Sejalan dengan tema tersebut Gubernur Lampung berharap seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Sehingga dapat bersama-sama terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat menuju Lampung Maju dan Berjaya.


“dan saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Forkopimda karena sudah terbangunnya hubungan harmonis di Provinsi Lampung,” ungkapnya.


Hal ini terbukti dari, yang pertama indeks kerukunan umat beragama Provinsi Lampung pada tahun 2023 meraih angka kinerja 73,3 dengan kondisi yang baik dengan terciptanya kondisi yang aman dan rukun.


Kedua, nilai indeks demokrasi Indonesia Provinsi Lampung meraih angka kinerja 78,32 yang menandakan bahwa demokrasi dengan sangat baik di Provinsi Lampung.


Kemudian yang ketiga, indeks pembangunan dan kebudayaan tahun 2023 Provinsi Lampung berhasil melampaui pencapaian nasional dengan angka 55,71 yang mana capaian Nasional adalah sebesar 55,13.


Lalu dalam sambutan Gubernur Lampung yang disampaikan Bupati Lampung Selatan juga disampaikan bahwa usia Provinsi Lampung yang ke 60 tahun ini, memiliki makna yang penting karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun mengembangkan wilayahnya. Pada usia ini juga Provinsi Lampung diharapkan memiliki pondasi yang kuat dalam hal insfrastruktur ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. (swd-dwa)