15:43 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 78 Tahun 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Korpri Pemda Lampung Selatan. Jum'at, (10/11/2023).


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bertindak sebagai Inspektur upacara yang diawali dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, Pembukaan Undang - Undang Dasar 1945 dan pembacaan pesan - pesan pahlawan.


Turut hadir mengikuti pelaksanaan upacara, anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekda Kabupaten Thamrin, beserta para Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah, anggota TNI-POLRI, ASN, THLS, dan Pelajar di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.


Dalam amanatnya, Bupati Lampung Selatan mengajak untuk mengenang dan menghormati para pahlawan yang berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia.


"Hari Pahlawan yang kita peringati ini mengajarkan kita tentang pentingnya semangat perjuangan, pengorbanan, persatuan dan kesatuan. Semangat ini harus senantiasa terpatri dalam hati dan sanubari kita dan seluruh generasi muda dengan senantiasa mengisi kemerdekaan dengan inovasi kreativitas dan ide-ide cemerlang yang bisa membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat maju dan sejahtera", ucap Nanang.


Kemudian, Bupati Lampung Selatan juga membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini dalam peringatan Hari Pahlawan ke 78 yang menegaskan bahwa nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 menjadi semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan masa depan yang lebih baik.


"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023, marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita", tutup Nanang mengakhiri amanat Menteri Sosial RI.


Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Kalianda. (swd-dwa)