20:18 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Bimbingan Teknis Konvensi Hak Anak (Bimtek KHA) yang dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di Aula Rajabasa Kantor Bupati Setempat. Rabu, (25/10/2023).


Turut hadir narasumber dari Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Pendidikan Kementerian PP-PA Amurwani Dwi Lestariningsih dan Kepala Dinas PP-PA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri. Selain itu, juga turut hadir Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, Ketua TP-PKK Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Yani Thamrin, Kepala Dinas PP-PA Lampung Selatan Joniyansyah, jajaran Forkopimda dan para pejabat tinggi Pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


Kepala Dinas PP-PA Lampung Selatan Joniyansyah menjelaskan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk menjamin hak-hak dasar anak dan melindungi anak-anak dari berbagai bentuk eksploitasi dan kekerasan.


“Meningkatkan kapasitas SDM seluruh penyelenggara pemberi layanan terhadap anak di Kabupaten Lampung Selatan, serta menindak lanjuti hasil dari tim Verifikasi Lapangan Kunjungan Kementrian PP-PA tahun 2023,” terang Joni.


Diikuti 1.000 orang Peserta yang terdiri dari 150 orang yang mengikuti secara offline dan 850 orang secara online yang terdiri dari unsur Forkopimda, Gugus Tugas KLA, Camat, Kepala Desa, Kepala UPT, Kader PATBM, Pelaku Usaha, APSAI, Media Massa, Lembaga Masyarakat, Organisasi, dan Akademisi.


"Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap agar tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih dan dan memahami KHA secara utuh sehingga dapat mengembangkan kebijakan dan langkah strategis dalam implementasi KHA pada lingkungan dan lingkup kerja", ungkap Joni.


Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan Bimbingan Teknis Konvensi Hak Anak (Bimtek KHA) merupakan tindak lanjutan dari hasil tim Verifikasi Lapangan (VLK) Kabupaten/Kota Layak Anak dan penguatan SDM di wilayah Kabupaten Lampung Selatan sebagai upaya percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak di Kabupaten Lampung Selatan.


Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mencapai target KLA Utama pada tahun 2024 mendatang .


“Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, semua yang hadir baik offline maupun online dapat ikut berpartisipasi mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan yang Layak Anak,” ucap Nanang Ermanto. (swd-dwa)