14:19:57 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membuka Musrenbang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021-2026, dengan visi "Terwujudnya Masyarakat Lampung Selatan yang Berintegritas, Maju dan Sejahtera dengan Semangat Gotong Royong", di Aula Rimau BAPPEDA Lamsel, Senin (28/06/2021).


Nampak hadir  Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Sekretaris Daerah Thamrin, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, Anggota Forkopimda serta Para Kepala OPD.


Nanang Ermanto dalam sambutan menyampaikan, Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2024 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, program kerja RPJMD Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021-2026 merupakan agenda perencanaan yang bertujuan untuk menyelaraskan, kenikmatan terhadap tujuan sasaran strategis arah kebijakan program pembangunan daerah selama 5 tahun kedepan.



"Rencana pembangunan jangka menengah,  merupakan perencanaan revisi dan program pemerintah daerah yang bertujuan sasaran strategi kebijakan pembangunan daerah yang disertai dengan perangkat dan pendataan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun." Kata Bupati.



Pandemi Covid-19 sejak Februari 2020, terus  Nanang Ermanto,  menjadi hambatan bagi perekonomian nasional Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan khususnya yang sebelumnya di angka 5% dan mengalami transisi ditahun 2020 menjadi 1,73% yang juga terjadi pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung dan Nasional.


"Pandemi Covid-19 juga berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran Kabupaten Lampung Selatan yang mencapai 4,5%", ungkap Nanang


Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto juga menyampaikan, Indikator makro pembangunan memerlukan kerja keras karena pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi melibatkan semua komponen baik pemerintah derah, aparat keamanan, dunia usaha, masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya.


Adapun Beberapa visi Musrenbang RPJMD Lampung Selatan yakni, meningkatkan penerapan nilai-nilai Agama dan budaya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan yang baik serta kesejahteraan sosial, membangun infrastruktur untuk meningkatkan aktivitas antar wilayah dan pusat-pusat perekonomian yang berkelanjutan, meningkatkan lintas tata pola pemerintah dan pelayanan profesional, transparan dan efektif.


Ditempat yang sama Kepala BAPPEDA Lampung Selatan Wahidin Amin memaparkan beberapa hal kegiatan Musrenbang RPJMD Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021-2026 yakni tahapan kuesioner RPJMD Lampung Selatan dan tujuan Musrenbang RPJMD Lampung Selatan.(db-bngpsp-aap).