21:45 DBFMRadio.id, KALIANDA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 67 Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023, yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD setempat, Selasa (14/11/2023).


Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi.


Hadir mewakili Gubernur Lampung, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, jajaran anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Thamrin, pejabat utama beserta Kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkab Lampung Selatan, dan tokoh adat Saibatin Lima Marga.


Turut hadir, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Selatan Yani Thamrin beserta tamu undangan lainnya.


Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Lampung Selatan ke-67 tahun, diawali dengan pengantar pimpinan rapat oleh Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan uraian singkat mengenai sejarah terbentuknya Kabupaten Lampung Selatan.


“Melalui momentum hari jadi Lampung Selatan diharapkan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat pengabdian kita untuk meningkatkan Kabupaten Lampung Selatan yang maju dan berdaya saing,” ujar Hendry Rosyadi.


Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Lampung Selatan Tahun ini mengambil Tema "Membangun Sinergi, Mewujudkan Lampung Selatan Sejahtera".


“Dengan mengusung tema tersebut, kita semua berharap Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini, akan terus tetap optimis dan selalu bertekad untuk maju, berkarya demi mewujudkan masyarakat Lampung Selatan yang Berintegritas, Maju dan Sejahtera Dengan Semangat Gotong Royong,” ungkapnya.


Dirinya juga menyebutkan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Lampung Selatan juga menjadi momen untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama perjalanan kurun waktu Tahun 2023.


Bupati Lampung Selatan juga menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita di Tahun 2022 meningkat menjadi 69,00 poin dan ditargetkan sampai dengan Tahun 2024 menjadi 70,42 poin dengan kategori "Tinggi".


Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, seperti Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Penjaminan Biaya Kesehatan, Beasiswa bagi pelajar, Bantuan Sosial dan Pelayanan KB Gratis. Salah satunya Gerakan Sehari Seribu (GESERBU) Inovasi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Program Swasembada Rumahku menjadi sangat efektif membantu menurunkan jumlah RTLH dan merupakan salah satu inovasi daerah dalam rangka penanganan RTLH di Kabupaten Lampung Selatan.


Dalam kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menyamakan persepsi serta komitmen karena Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut jika tidak mendapatkan dukungan dari semua pihak.


“Dari hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, semoga berbagai capaian positif hasil pembangunan tersebut, Insya Allah dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Lampung Selatan,” pungkasnya.


Perlu diketahui, berbagai penghargaan yang berhasil diraih oleh Kabupaten Lampung Selatan baik penghargaan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, BUMN, maupun swasta serta program pembangunan Kabupaten Lampung Selatan dalam rentang waktu tahun 2021 hingga 2023. (swd-dwa)