DBFMRadio.id : Kalianda - Pameran lukisan dari berbagai seniman di Kabupaten Lampung Selatan dan sekitarnya, ikut memeriahkan acara perlombaan Mural yang di selenggarakan di Kebun Edukasi, Rumdin Bupati, Kalianda.


Salah satu seniman yang juga menjadi panitia dalam perlombaan tersebut, Asnawi Mangku Sastra, S.Pd, saat ditemui DBFM Radio menjelaskan, diadakannya pameran lukisan tersebut merupakan bentuk apreasiasi Pemerintah Daerah kepada para pelukis. Selain juga mendukung kegiatan lomba mural itu.



"Tujuannya untuk mendukung perlombaan mural, lalu juga sebagai ajang apresiasi para pelukis lampung selatan khususnya untuk masalah lukisan," jelasnya, Rabu (26/8/2020).



Lebih lanjut, Asnawi memaparkan bahwa dengan diadakannya pameran lukisan itu, dapat menjadi wadah bagi para seniman untuk menuangkan berbagai karya lukis yang telah mereka ciptakan.


"Dengan diadakannya pameran lukisan ini, menjadi salah satu wadah mereka (seniman) untuk menuangkan karya-karya mereka dalam dunia seni," paparnya lebih lanjut.


Dia juga mengungkapkan bahwa lukisan yang dipamerkan pada ajang perlombaan mural itu meruapakan hasil karya dari seniman Lampung Selatan, namun ada beberapa seniman dari luar Kabupaten yang turut berpartisipasi dalam pameran lukisan tersebut.



"Didominasi oleh pelukis Lampung Selatan, seperti karya Bpk. Denis Askar yang kebetulan beliau merupakan putra daerah sini (Lampung Selatan), lalu Bapak Salvador, beliau putra daerah Lampung, kemudian saya (Asnawi) dari Lampung Selatan, kalau diluar Lampung Selatan juga ada, mas aikon sama pak salvator jen junaidi," ungkapnya.


Berbagai jenis aliran dalam seni lukis terdapat dalam pameran itu, seperti aliran realisme, naturalisme, ekspresionisme, dan abstrak terpampang di pameran itu. Hal itu dilakukan untuk memperkenalkan berbagai aliran seni lukis dalam dunia seni rupa kepada masyarakat atau pengunjung.


Asnawi mengungkapkan, adanya pemeran lukisan itu merupakan ide dari Bupati Lamlung Selatan, H. Nanang Ermanto, yang mendukung secara penuh mengenai kegiatan seni lukis yang baru pertama kali di adakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


"Ini merupakan ide dari beliau, bahwasanya setelah kita melaksanakan lomba mural, bagaimana jika kita membikin event yang sama dalam kegiatan ini, yasudah akhienya kita membuat pameran lukisan, artinya saya sangat mengapresiasi ide dadi beliau, karena dari event ini saja sepengetahuan saya ini baru pertama kali dilaksanakan, khusus untuk pemerintah daerah," ungkap Asnawi.


Mewakili para seniman, Asnawi berharap kedepannya kegiatan seperti lomba dan pameran seni lukis bisa sering dilaksanakan di Lampung Selatan, ia juga berharap Pemerintah Daerah juga turut memberikan ruang kepada seniman dalam mengekspresikan karya, dan masyarakat dapat menikmati karya seni secara universal, seperti seni tari, musik, dan seni rupa, khususnya seni lukis. (db/ptm-aap).