12:09:55 DBFMRadio.id : Semarang - Khalayak (Audience) dapat didefinisikan dari beberapa Aspek, secara Demografis Audience bisa dibagi dalam Kelompok Umur, Jenis Kelamin dan Profesi


Selanjutnya secara Geografis, berdasarkan wilayah audiences , Geodemografis Wilayah tertentu yang memiliki karakter demografi sejenis dan Aspek Psycografis, Berdasarkan gaya hidup / perilaku, yang akan berpengaruh pada konsumsi.


Menurut Kepala LPP RRI Yogyakarta, Nazwin Achmad, dalam menyusun program siaran, harus memperhatikan, peta geografi, demografi, psikografi ( gaya hidup audince :red ). Disamping juga harus mengetahui habit, aktivitas, keinginan dan kebutuhan publik.


"Melalui Audience research, Focus Group Lebih spesifik, mencari masukan dari media online dan Media Sosial, seperti FB, Twitter, IG, Email dan yang lain. Langkah Komparasi / referensi program juga penting, baik program /kemasan lain pada media teresterial maupun online" terang Nazwin dihadapan peserta Workshop Exelent Broadcaster bertajuk "Menjadi Praktisi Radio yang Adaptif di Era Digital" di Semarang Rabu (21/12/2022).


Dalam materinya, pada Workshop yang digelar Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia IndonesiapersadaID ini, Nazwin juga mengatakan orientasi dalam penyusunan program juga harus mengetahui Peta perkembangan Radio Kompetitor , karateristik kekuatan saluran komunikasi, untuk supporting Publikasi & Promosi. (Multiplatform) serta Basis tetap media Penyiaran Radio Audiotif atau yang kerap disebut Teresterial.


"Yang tidak kalah penting dalam menyusun program siaran adalah membagi jam siaran kedalam segment-segment dalam satu hari sesuai dengan sasaran khalayak pendengar pada jam tersebut." terus dia.


Nazwin Achmad menambahkan, Pembagian waktu dilakukan dengan sistim Day Part Narrowcasting, membagi perjam siaran dengan dasar mensejajarkan semua program acara siaran kepada pendengar tertentu, dengan pertimbangan penyusunan berdasarkan waktu yang paling banyak pendengarnya ( Prime Time ) dan waktu biasa ( Reguler Time ).


Dirinya juga mengingatkan, dalam mengemas isi atau materi siaran harus diupayakan yang sesuai dengan keinginan & kebutuhan audience .


"Setiap Kemasan Program siaran harus mengacu pada pilihan format siaran / stasiun tertentu, seiring makin berkembangnya kreatifitas, segmentasi Audien (Pemirsa) saluran Media, yang selektif dengan pilihan bermedia dalam dinamika publik ." tutup Nazwin Achmad.(db-aap).