DBFMRadio.id : Kalianda – Sebanyak 340 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Lampung Selatan memasuki masa purna bakti terhitung pada bulan Januari sampai Desember 2021.


Bupati Lampung Selatan H.Nanang Ermanto mengadakan acara silahturahmi bersama ASN yang memasuki masa purna bakti sekaligus Pemberian Tali Asih kepada 170 ASN yang memasuki purnabhakti Januari -Juli 2021 sebesar Rp. 750.000, di selenggarakan di Aula Sebuku Rumah dinas Bupati Lampung Selatan pada, Senin 6 Juli 2020.


Nanang mengatakan tali asih ini jangan dilihat nominalnya tetapi nilai kebersamaan dan kepedulian Pemerintah terhadap prngabdian yang dilakukan para purna bhakti, melayani masyarakat Lampung Selatan. Namun, diharapkan nominal taliasih dapat ditingkatkan.


"Saya menekankan ditahun berikutnya dewan pengurus korpri untuk dapat meningkatkan nominal tali asih yang setiap tahunnya hanya 750 rupiah" tegasnya.


Nanang juga berharap untuk para ASN yang sudah memasuki masa purna bakti untuk terus berkarya dan produktif serta memiliki usaha dan tidak mengandalkan penghasilan dari pensiun serta dapat meningkatkan kesejahteraan hidup selanjutnya.


"Saya berharap para ASN yang sudah purna bakti ini agar terus dan memiliki usaha serta kegiatan yang produktif yang dapat memberikan penghasilan tambahan selain dana pensiun setiap bulannya" ujarnya.


Di tempat yang sama sekertaris dewan pengurus korpri kabupaten Lampung Selatan Nurmali Rizal memgatakan dasar pelaksanaan pemberian tali asih ini Peraturan Daerah no 4 tahun 2010 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Pemkab Lampung Selatan  Surat keputusan presiden RI no 82 tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia,



Peraturan Pemerintah no 42 / 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS, Yuncto Keputusan Presiden 15/ 2005 tentang pengesahan perubahan Anggaran Dasar Korps Pegawai negeri Republik Indonesia dan Program kerja dewan pengurus Korpri periode 2004.


Nurmali juga mengatakan acara ini bertujuan memberikan Tali Asih kepada 120 ASN yang akan menasuki masa purnabgakti periode Januari - Juli 2021 untuk memperat silaturahmi antara ASN yang akan purna bakti.


" Sebanyak 170 ASN kabupaten Lampung Selatan yang terdiri dari ASN kantor , kepala bagian, kecamatan serta guru akan pensiun pada bulan Januari- Juli 2021 dan sampai Desember 2021 total keseluruhan ASN yang akan pensiun adalah sebanyak 340 ASN" Jelasnya.


Mengakhiri laporannya Nurmali menjelaskan Pemberian Tali Asih ini berasal dari anggaran Iuran korpri dan masing-masing ASN yang memasuki masa purna bakti mendapatkan Tali Asih sebesar 750rb rupiah.(db/lmhr-aap).