(DBFMRadio.id) : Kalianda - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan membagikan sejumlah alat kesehatan kepada masyarakat setempat, hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah tersebut.


Alat kesehatan tersebut berupa masker, handsanitizer, disinfektan, alat semprot, dan thermogun. Yang dalam proses pembuatannya akan melalui pengrajin lokal didaerah tersebut.


Anggaran yang digunakan untuk pengadaan barang tersebut, berasal dari APBD sebesar Rp. 1 miliar dan dana desa yang diperuntukkan khusus untuk penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19.


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menjelaskan bahwa bantuan alat kesehatan ini diberikan sebagai salah satu bentuk penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19, sesuai dengan Instruksi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan COVID-19.


"Ini salah satu upaya kita untuk mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, memberikan arahan kepada kepala desa agar mengimbau masyarakat untuk tidak kumpul-kumpul, dan ini juga merupakan salah satu instruksi dari kemendagri," jelas Nanang Ermanto di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat. Jum'at (10/4/2020).


Selain itu, lanjut Nanang Ermanto, dalam kondisi pandemi COVID-19 ini kepala desa dilarang untuk meninggalkan desa, agar dapat terus memantau kondisi masyarakat didaerah masing-masing.


"Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, kepala desa jangan meninggalkan desa, apalagi mendekati bulan ramadhan, pastinya banyak masyarakat yang akan pulang. Agar masyarakat tidak panik," tegasnya. (db/ptm).