(18:14:53) DBFMinfo, Fajar Baru : Otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa, serta kemampuan daerah. Disamping itu, Pemerintah Daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi dea-desa yang berada di wilayahnya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya, yaknl peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.
Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto pada pelantikan 7 Kepala Desa se Kecamatan Jati Agung di Lapangan Desa Fajar Baru Jum'at siang juga mengatakan, Dalam menyelenggarakan otonomi desa, sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa, maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa disamping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.
"Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan itu, dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya" kata Nanang Ermanto, Jum'at (23/8/2019).
"Adapun proses pemiIihan Kepala Desa telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan yang diharapkan mampu memunculkan kepala desa yang didukung oleh sebagian besar masyarakat desa" lanjut Nanang.
Nanang Ermanto juga berharap kepada Kepala Desa terpilih harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks.
"Oleh karena itu, saya harapkan kepada para Kepala Desa terpilih harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks, serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya" harap Nanang Ermanto.
Adapun 7 Kepala Desa yang dilantik masing masing M Romsi sebagai Kepala Desa Karang Sari, Sumanto Kepala Desa Karang Anyar, Sumardi Kepala Desa Jatimulyo, Suharno Kepala Desa Margo Agung, Feriode Kepala Desa Karang Rejo dan Didik Marhadi Kepala Desa Sudodadi Asri serta M Agus Budiantoro Kepala Desa Fajar Baru.
Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Desa
Reporter DBFM Radio Chika Dea melaporkan, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto ditempat yang sama melantik 7 Ketua Tim Penggarak PKK, dalam sambutannya, Winarni mengatakan, gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dengan perempuan sebagai motor penggeraknya guna menuju temujudnya keluarga bahagia dan sejahtera.
"Gerakan PKK dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan bathin bagi kehidupan masyarakat" tegas Winarni.
Tujuan ini akan dapat kita capai, terus Winarni, apabila didukung oleh tim pengurus maupun kader PKK yang dapat diandalkan yang landasi oleh kemauan serta semangat kerja yang tinggi. 
"Oleh karena itu kepada ketua tim penggerak PKK Desa yang baru dilantik, saya mengharapkan agar segera melakukan langkah-langkah konsolidasi organisasi di tingkat dusun maupun sampai kepada kelompok dasawisma dan Posyandu serta menyusun program-program kerja" harap winarni.(db).