DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 tingkat Kabupaten, pada Kamis (29/2/2024).


Kegiatan yang berlangsung di Aula Rimau, Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Selatan, dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni, SP., M.T. yang ditandai dengan pemukulan gong.


Hadir juga dalam acara tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah, akademisi dan unsur masyarakat lainnya.


Bappeda Kabupaten Lampung Selatan tahun ini melibatkan rekan-rekan disabilitas dari berbagai desa dan Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. Mereka diberikan tempat khusus sebagai peserta di musrenbang.


Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2025 diawali dengan laporan penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Selatan Aryan Saruhian. 


Aryan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah telah melaksanakan Musrenbang RKPD di 17 Kecamatan yang menghasilkan sebanyak 1.446 usulan.


“Kemudian terdapat juga usulan dari rekan disabilitas sebanyak 18 usulan, serta usulan pokok pikiran DPRD sebanyak 413 usulan,” jelas Aryan Saruhian.


Aryan Saruhian menerangkan, beberapa program prioritas Musrenbang RKPD Kabupaten Lampung Selatan tahun 2025 diantaranya Pemenuhan pelayanan dasar pendidikan, kesehatan dan perlindungan sosial; Hilirisasi sumber daya alam dan penguatan inovasi dan produktivitas tenaga kerja; Pembangunan kewilayahan yang merata, berkualitas dan berkelanjutan;
Meningkatkan keamanan dan ketertiban umum, ketahanan budaya dan mitigasi bencana dan peningkatan kualitas ASN, kolaboratif regulasi yang efektif serta digitalisasi pelayanan publik.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto juga menyampaikan capaian kinerja yang selama ini telah diraih oleh Pemkab Lampung Selatan. Dimana, tahun 2023 tercatat sebanyak 22 penghargaan yang diperoleh baik dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian, maupun Pemerintah Provinsi dan juga lembaga-lembaga swasta lainnya.


“Musrenbang RKPD merupakan wujud pelibatan pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pembangunan sekaligus sebagai upaya penyerapan aspirasi masyarakat sebagai masukan bagi Perangkat Daerah,” jelas Nanang


Lebih lanjut, Nanang Ermanto mengatakan bahwa kegiatan ini juga menjadi kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk musyawarah dalam menentukan pembangunan berkelanjutan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Selatan.


“Alhamdulillah, saya laporkan kami telah melaksanakan Musrenbang di 17 kecamatan, berjalan baik dan lancar. Kemudian, hari ini kita melakukan Musrenbang Kabupaten. Ini semua terlaksana berkat kebersamaan dan gotong royong seluruh elemen,” ujar Nanang.



Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan pada Tahun 2025 ini mengusung tema ”Pembangunan Inklusif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” dengan prioritas pembangunan.


“Mudah-mudahan ini merupakan suatu kemajuan daerah. Maka saya selalu tekankan kepada seluruh jajaran bagaimana kita harus menjaga potensi alam yang ada. Potensi-potensi kekayaan di Lampung Selatan ini untuk terus dikembangkan dan selalu welcome terhadap investasi-investasi yang ada,” kata Nanang dalam mengakhiri sambutannya.


Sementara itu, mewakili Gubernur Lampung, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni, SP., M.T. mengatakan, tujuan dari Musrenbang itu antara lain menghimpun seluruh pemikiran-pemikiran dan usulan-usulan masyarakat menjadi suatu program pembangunan.


Elvira Umihanni juga mengimbau, agar rencana program pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan agar selaras, saling bersinergi, saling mengisi, dan saling mendukung dengan pembangunan yang ada di Provinsi Lampung.


“Pembangunan itu tidak akan berhasil jika kita berdiri sendiri. Kekuatan itu dengan bersinergi dan saling mengisi, saling mendukung maka kekuatan-kekuatan itu akan menjadi potensi yang besar,” ujarnya. (swd-dwa)