21:59:15 DBFMRadio.id : Kalianda - Peresmian Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan,


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin S.Sos meresmikan Gedung Baru Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, Senin (6/3/2023).


Dalam sambutannya, Thamrin menjelaskan tujuan utama Dinas Damkar dan Penyelamatan memiliki gedung baru agar memperlancar aktifitas, meningkatkan prestasi dan kinerja seluruh pegawai Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan .


Pelayanan yang diberikan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kepada seluruh masyarakat sudah 104 tahun lamanya.


Fungsi Damkar juga sangat luar biasa dan sudah di konfirmasikan kepada masyarakat untuk kedepannya bahwa Damkar bukan hanya memadamkan kebakaran saja namun juga terkait penyelamatan.


“Suasana baru ini harus di syukuri sehingga menjadi sebuah harapan dan semangat baru dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai petugas Damkar dan Penyelamatan. Harapan saya dengan menempati gedung baru ini, bapak ibu seluruh pegawai semakin aktif dan rajin masuk kantor serta semakin baik melayani seluruh masyarakat” kata Thamrin


Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, M. Sefri Masdian menjelaskan mengenai kondisi real struktur organisasi Dinas Damkar dan Penyelamatan sebanyak 107 personel, dengan 51 personel yang bertugas di lapangan serta memiliki 5 Posko.


"Dinas Damkar dan Penyelamatan memiliki 5 posko yaitu Kalianda, Sidomulyo, Tanjung Bintang, Jati Agung dan Natar. Untuk wilayah Kalianda, ada 6 orang yang bertugas di setiap piket. Namun untuk wilayah Sidomulyo, Tanjung Bintang, Jati Agung dan Natar ada 2 orang."


Dinas Damkar dan Penyelamatan siap siaga 24 jam. Pada tahun 2021, tercatat 41 peristiwa kebakaran dan di tahun 2022 tercatat 75 peristiwa kebakaran.


Dinas Damkar dan Penyelamatan memiliki standart pelananan atau di sebut juga respone time dengan waktu penanganan nya 15 menit . Tercatat pada tahun 2022 ada 61 peristiwa kebakaran yang di tangani dengan kurung waktu di bawah 15 menit. 


“Alhamdulillah artinya Target yang ditetapkan pada RPJMD Kabupaten Lampung Selatan sesuai dan di jalani. Pada tahun 2022 pencapaiannya 81,70 persen dan pada tahun 2023 pencapaian di tambah 90 persen” ungkap Sefri.


Seluruh personel damkar dan penyelamatan selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat tentang bahaya kebakaran dan jangan bermain api atau tempat bakar sampah. Akan tetapi Kebakaran pun bisa di sebabkan oleh kelalaian manusia dan faktor alam.(db-dwa).