DBFMRadio.id - Kalianda : Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada (9/12/2020) mendatang, akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease (COVID)-19.


Pada Video Conference Rapat Koordinasi  Pelaksanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati/Walikota Tahun 2020, yang diikuti Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Assete Daerah (BPKAD) Lampung Selatan dan OPD terkait di Aula Krakatau Setkab Lampung Selatan, Deputi Bidang Administrasi KPU RI, Purwanto Ruslan, Menjelaskan bahwa pelaksanaan pemutakhiran data pemilih akan dilaksanakan secara daring.


"Pemutakhiran data pemilih yang semula kita lakukan secara door to door, akan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), jadi tidak secara konvensional lagi, hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir resiko terjadinya penularan virus pandemi COVID-19, ditengah masyarakat menjelang pilkada." paparnya, Selasa (2/6/2020).



Pada pencalonan perseorangan, lanjut Purwanto, nantinya akan dilakukan dengan menerapkan physical distancing serta penerapan protokol kesehatan Covid-19.


"Semua kegiatan harus berpatokan pada protokol kesehatan, dan jika seandainya harus mengundang perseorangan maka protokol tersebut harus ditaati," jelasnya lebih lanjut.


Pada kesempatan itu, Purwanto Juga mengatakan pada sistem pemungutan suara, akan dilakukan secara bergantian dan jaga jarak antar pemilih sehingga diharapkan tidak akan menimbulkan kerumunan masyarakat ditengah pandemi Covid-19.


"Jika biasanya pada TPS (Tempat Pemungutan Suara: Red.) bisa masuk sebanyak 25 orang kedalam ruangan, maka nanti kita akan buat 12 orang saja," terangnya.


Selain itu, Purwanto Menyebut pihaknya akan melakukan koordinasi dengan tim gusus tugas, sehingga dalam pelaksanannya akan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.


Purwanto juga memgatakan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan tim gugus tugas terkait hak mata pilih masyarakat yang sedang melakukan karantina.


"Memang jika menurut peraturan tidak boleh untuk menghilangkan hak mata pilih, namun kami akan koordinasi dengan tim gugus tugas terkait hal tersebut," tukasnya. (db/ptm-aap).