(DBFMRadio.id) : Kalianda – Melalui Video Conference (Vicon) bersama Menkopolhukam, Mendagri,Menkeu,Mensos,Mendes PDT dengan Gubernur,Bupati/Walikota Se - Indonesia terkait Implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Daerah dalam Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid 19 di ruang video Conference Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan (9/03/2020)



Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan kepada seluruh kepala daerah untuk fokus pada bagaimana harus mengelola APBDnya dalam situasi yang berubah sangat banyak sekarang ini.


"kami bersama Bapak Menteri Dalam Negeri akan segera mengeluarkan surat edaran baru dalam rangka untuk memberikan arahan mengenai perubahan APBD mungkin untuk memberikan presentasi awal dulu atau gambaran awal APBD dikarenakan sistemnya akan mengalami berbagai perubahan akibat covid ini" ujarnya


Sri Mulyani juga mengatakan transfer ke daerah yang biasanya dari kami pusat dalam bentuk DAU,DPA, DAK fisik maupun non fisik kemudian DID dan dana desa itu sebagian mungkin akan mengalami perubahan.


"ini harus diantisipasi secara pihak saya akan mencoba semaksimal mungkin agar bapak bapak dan ibu sekalian di daerah tidak mengalami syok yang besar" ungkapnya.


Presiden Jokowi dodo memberikan instruksi kepada Menkeu dan Kemendagri untuk sisi belanja daerah harus mengalami perubahan karena apabila tidak dirubah daerah akan mengalami "kebolongan" yang besar sekali.


Sri Mulyani juga menekankan untuk seluruh kepala daerah di sisi belanja harus ada perubahan radikal, karena pihaknya melihat pegawai didaerah untuk cos belanja sangat besar diantara nya ada Tukin gaji dan perjalanan dinas.


"Nanti kami sama pak Mendagri belanja-belanja itu distop, atau diturunkan dan di potong drastis 50% atau sampai 75% serta uang belanja barang habis pakai bisa juga ditekan karena kita sedang Work from home karena kita sekarang bekerja dari rumah jdi bisa untuk bantu masyarakat"


Diakhir conferencenya Sri Mulyani juga meminta kepala Menkopolhukam, Polri dan Kejaksaan untk membantu mengawasi. Namun kita harus tetap Positif Tapi harus Waspada. (db/lmhr)