DBFMRadio.id : Kalianda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan menggelar Debat Publik calon Bupati Lampung Selatan Senin, ( 26/10/2020) di Negri Baru Resort Kalianda, dengan tema Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan Daerah Kabupaten Lampung Selatan.


Debat Publik yang dimoderatori Pemimpin Redaksi duajurai.co Juwendra Asdiansyah ini, diikuti 3 Calon Bupati, nomor kontestan 1 Nanang Ermanto, nomor kontestan 2 Toni Eka Chandra dan nomor konestan 3 Hipni, terbagi dalam 6 segmen.


Di segmen pertama, ketiga kontestan diminta untuk mengemukakan visi misi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan periode 2021-2026, selanjutnya segmen 2, pendalaman Visi dan Misi, masing2 kontestan diberi pertanyaan oleh moderator dari 3 panelis.



Kontestan nomor 1 Nanang Ermanto, Menjawab pertanyaan Lampung Selatan berada di urutan keempat sebagai Kabupaten persentase penduduk miskin terbanyak, program apa yang di buat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di Lampung Selatan, menurut Nanang, akan mengefektifkan bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan rumah tidak layak dan yang kedua meningkatkan produktivitas sektor unggulan.


"Produktifitas sektor unggulan yaitu seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata yang ketiga, saya kan memberikan bantuan permodalan bagi UMKM" jawab Nanang Ermanto.


Sedangkan kontestaan 2 Cabup Tony Eka Chandra (TEC) memilih pertanyaan bagaimana upaya mengatasi pengangguran di Lampung Selatan yang mencapai 21.000 orang dan kondisi ini Bisa bertambah parah dengan banyaknya perusahaan yang merumahkan karyawannya karena pandemi covid 19.


Menurut Cabub yang berpasangan denga Antoni Imam (AI) ini, akan merelaksasi panjang selama 2 tahun, kepada perusahaan tetdampak Covid 19, sehingga dapat bertahan dan tidak merumahkan tenaga kerjanya.



"Kami akan memberikan relaksasi panjang selama 2 tahun, kepada perusahaan, mana yang menjadi kewenangan dari pada pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, sehingga perusahaan tersebut dapat bertahan dan tetap bisa mempertahankan kerjanya" jelas TEC.


Kemudian yang kedua TEC - AI juga akan melaksanakan penciptaan iklim investasi yang kondusif dengan kemudahan perizinan dan apapun serta membebaskan pajak dan Retribusi selama 2 tahun pertama kepada investasi yang baru masuk yang menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


Selanjutnya kepada calon Bupati nomor urut 3 Hipni, Moderator memberikan pertanyaan, tentang kondisi Jalan di Kabupaten Lampung Selatan dalam kondisi rusak, baik, dan sedang, upaya apa untuk meningkatkan kualitas Jalan Kabupaten dengan APBD yang terbatas.


Menurut Calon Bupati pasangan Melin ini, dengan APBD terbatas, sementara kebutuhan besar untuk perbaikan jalan sebagai penopang ekonomi masyarakat, oleh karenanya akan dipriotlritaskan.


"Jumlah kebutuhan sangat besar untuk perbaikan jalan yang menjadi penopang kesejahteraan perekonomian rakyat oleh karenanya akan kita prioritaskan APBD ini untuk infrastruktur jalan adalah yang menuju pusat perekonomian, yang pertama yang kedua pengawasan ketat dalam pelaksanaan pembangunan pekerjaan jalan dilakukan oleh rekanan" Kata Hipni menjelaskan.


Selanjutnta, disegmen 3, 4 & 5 antar Kontestan saling mengajukan pertanyaan secara bergantian dan pada segmen ke 6 masing masing Calon memberikan pernyataan penutup.(db-aap).