DBFMunfo (Bandarlampung) : Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tiba di Lapangan Dinas PUPR Provinsi Lampung, Rajabasa, Bandarlampung, minggu (30/6/2019).


Kabag Hunas & Komunikasi Publik Biro Humas & Protokol Setprov Lampung Heriyansyah, menjelaskan, menhub Budi dan Gubernur Arinal berangkat dari Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 06.45 WIB.


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berhasil yakinkan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dalam meningkatkan Terminal Rajabasa setara Bandara. Lampung menjadi Provinsi strategis karena menjadi tempat yang menghubungkan jawa dan sumatera.


"Terminal Rajabasa adalah salah satu terminal yang sudah diserahkan pada Pemerintah Pusat. Oleh karenanya kami bersama Pak Gubernur Arinal akan merenovasi terminal rajabasa setara dengan Bandara," ujar Menhub Budi Karya Sumadi pada saat melakukan kunjungan kerja di Terminal Rajabasa, Bandarlampung, minggu (30/6/2019).


Renovasi dan peningkatan terminal ini, ujar Menhub Budi, dilakukan agar setiap lapisan masyarakat dapat menggunakan terminal rajabasa.


"Selain merenovasi, operator bis juga akan dikumpulkan. Jadi tidak ada bis yang jelek lagi, yang harus ada adalah bis bagus yang memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat," ujar Menhub Budi lagi.


Menhub Budi menjelaskan Menhub Budi menuturkan bahwa peningkatan renovasi Terminal Rajabasa akan dianggarkan dana sebesar Rp 40 miliar.


"renovasi terminal ini sekitar Rp 40 Miliar, dan ditargetkan selesai di bulan November 2020. Dan sekarang telah dilakukan perencanaannya," jelasnya.


Dalam perencanaan tersebut, jelas Menhub Budi, Pak Gubernur Arinal juga mempunyai ide yang sangat bagus yaitu membuat mal pelayanan terpadu.


"Ini merupakan upaya Pak Gubernur Arinal dalam meningkatkan pelayanan kepada publik secara optimal. Nantinya disini akan ada mal pelayanan, dimana orang-orang bisa mengurus perizinan sambil menunggu bis," jelas Menhub Budi. (Hmsprov)