DBFMRadio.id : Kalianda - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat di Kabupaten Lampung Selatan, turut mendukung dan memeriahkan perlombaan mural yang dilaksanakan di Kebun Edukasi, Rumdin Bupati, Kalianda, Rabu (26/8/2020).


Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), I Ketut Sukerta, pada acara Bazar produk UMKM. Ia juga mengatakan bahwa acara Bazar itu juga merupakan ajang promosi, agar masyarakat dapat mengenal produk hasil para UMKM setempat.


"Kesempatan ini kita (UMKM) gunakan untuk promosi, seperti tadi yang belum tahu jadi tahu, yang biasanya susah nyari produk jadi mudah, seperti bubur kelor ini kan jarang produksinya, sekarang disini ada, bisa kita coba," jelasnya.



Pada kegiatan Bazar itu, lanjut I Ketut Sukerta, banyak berbagai produk yang ditawarkan mulai dari kuliner, kerajinan, bahkan produk untuk kesehatan pun turut ditawarkan dalam kegiatan itu.



"Kalo disini ada batik tulis, kerajinan, paling banyak makanan. Kalo kerajinan itu dari penengahan, bubuk kelor dari bulok, bubuk kelor ini sedang digaungkan, obat tradional yang banyak manfaatnya," jelasnya lebih lanjut.


Ia mengungkapkan, tidak ada syarat khusus bagi para pelaku UMKM yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan Bazar tersebut, hanya saja yang pasti mereka harus memiliki produk hasil sendiri.


Pada kesempatan itu, ia juga turut mengenalkan berbagai varian produk dari kelor, yang memang mempunyai banyak khasiat, seperti mie dari kelor dan juga ice cream, yang dibuat oleh para UMKM Lampung Selatan.


I ketut Sukerta berharap, setelah diadakannya Bazar ini, masyarakat dapat lebih mengenal dari berbagai produk UMKM di Lampung Selatan, dengan demikian juga dapat memudahkan masyarakat dalam menemukan produk yang mereka inginkan. (db/ptm-aap).