DBFMRadio : Kalianda - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Lampung Selatan merupakan organisasi independen yang bergerak pada sektor ekonomi, dengan tiga unsur keanggotaan, seperti BUMN, BUMD, BUMS dan Koperasi.


Ketua Kadin Kabupaten Lampung Selatan, Budiman Dabo, pada acara dialog interaktif yang dipandu oleh presenter Melinda, di Studio DBFM Radio, menjelaskan bahwa kadin dapat menjadi salah satu organisasi yang dapat memajukan perekonomian pada masa pandemi, Selasa (22/9/2020).


Sesuai dengan tugas Kadin, yakni memfasilitasi pengusaha dalam permasalahan sumber daya, melaksanakan komunikasi, konsultasi dengan pemerintah, serta mewakili para pengusaha dalam berbagai forum.


"Sesuai dengan wewenang Kadin, memfasilitasi pengusaha, melaksanakan komunikasi, konsultasi, advokasi dengan pemerintah maupun pengusaha asing yang berkaitan dengan bidang usaha mewakili para pelaku usaha dalam forum kebijakan ekonomi," jelasnya.



Lebih lanjut dia menjelaskan, mengenai peran yang telah dilakukan oleh Kadin, pada masa pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19, yang telah melanda Indonesia sejak beberapa bulan lalu, yakni memberikan motivasi dan inovasi usaha, pelatihan melaui webinar, serta modal.



"Pemfasilitasan motivasi dan inovasi usaha, pelatihan mental, itu perlu bagi pengusaha, pelatihan dengan sering mengadakan seminar, webinar ya karena pandemi, dan juga modal," jelasnya lebih lanjut.


Dengan mendukung para pelaku usaha, terutama UMKM, lanjut Dabo, dapat membantu dalam perluasan peluang usaha, sehingga dapat membantu tingkat perekonomian daerah, bahkan dapat menjadi jaring pengaman disaat situasi pandemi ini.


"Perluasan kesempatan kerja, gak perlu pergi ke seberang (Jakarta dan sekitarnya ; Red), karena kadang-kadang di tetangga saja sudah ada atau di Kampung sebelah juga banyak," ungkapnya. (db/ptm-aap).