DBFMRADIO.ID (Kalianda) Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.


Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (TP PKK) Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto pada Dialog Jendela Informasi Wanita dan Anak (Jelita) di DBFM Radio LPPL Lampung Selatan menjelaskan tentang peran PKK.


Menurut Winarni Nanang Ermanto, program PKK maknanya sangat luas, karena program ini bukan program dari kabupaten dan tujuannya jelas, terwujudnya keluarga yang sehat sejahtera lahir dan batin berakhlak mulia berbudi pekerti luhur.


"Sudah jelas ya, seperti tadi disampaikan Mbak Monic (presenter dialog : red) inikan program dari pusat, yang tujyannya sudah jelas adalah pemberdayaan kesejahteraan keluarga dari Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa dan Kelurahan" terang Winarni, Selasa (3/3/2020).


Pada dialog yang dipandu Presenter Lidya Monica ini, Winarni juga menjelaskan, dalam pembangunan keluarga di seluruh indonesia PKK menerapkan sepuluh Progam Pokok PKK , melalui empat Kelompok Kerja (pokja) yang ada di Tim Penggerak PKK itu.


"Makanya kalau pembangunan itu ya tujuannya luas mbak, dari pokja 1 sampai pokja 4 itu menerapkan sepuluh Program Pokok PKK yang mana di dalamnya ada pengamalan Pancasila, ada bergotong royong, hidup berkoperasi mendidik keluarga mendidik putra putri kita" terangnya


"Lebih dari itu, bagaimana menerapkan peningkatan ekonomi keluarga, bagaimana penerapan perilaku hidup bersih dan sehat serta bagaimana penerapan dan mensosialisasikan bagaimana kita harus mempunyai lingkungan hidup bersih dan sehat." lanjut mantan Kepala Desa Way Galih ini.


Pada bagian lain, Winarni Nanang Ermanto juga menjelaskan, tentunya keluarga yang sehat sejahtera lahir dan batin juga berakhlak mulia berbudi pekerti luhur itu terwujud, karena memang Program Pokok PKK itu sangat tepat, karena pembangunan itu bukan hanya pembangunan infrastruktur namun juga Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini Keluarga.(db).