(17:17:48) DBFMinfo, Bandarlampung : Hari raya Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Lebaran Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.
Lebih dari itu, Idhul Adha identik dengan Qurban, dalam riwayat disebutkan, Baginda Nabi Ibrahim Alaihissalam mendapat perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih anak yang begitu sangat disayanginya,  sejatinya Allah sedang menguji Nabi Ibrahim untuk menyembelihnya.
Qurban, menurut Ketua Umum Panitya Pengelolaan Hewan Qurban Masjid Al Islah Perum Bukit Kemiling Permai (BKP) Bandarlampung, Zaenuri, S.Ag M.MPd, mempunyai arti tersendiri, tergantung dari hati masing masing, selain qurban juga merupakan panggilan, karena diberi rezki berlebih, sebagai ungkapan rasa syukur, pada moment Idhul adha ini melaksanakan qurban.
"Sebenarnya Qurban itu mempunyai arti tersendiri, tergantung dari hati kita masing masing, selain qurban juga merupakan panggilan, karena diberi rezki berlebih oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai ungkapan rasa syukur kita, inilah saatnya yang tepat, pada moment Idhul adha ini kita berqurban" terang Zaenuri, disela sela pembagian daging qurban, munggu sore (11/8/2019), dihalaman masjid Al Islah.
Zaenuri juga mengatakan, secara sosiologis, qurban juga mengandung arti, berbagi kepada sesama, karena banyak warga sekitar yang belum tentu sebulan sekali mengkonsumsi daging.
"Bagaimana kita membiasakan secara sosial, qurban juga mengandung arti, kita berbagi kepada sesama, karena mungkin jemaah masjid atau warga sekirar kita yang belum tentu sebulan sekali makan daging" ujar Zaenuri menjelaskan.
Sementara ditempat yang sama, Ketua Panitya Faizal Zaini, S.Sos. menerangkan, Panitya Qurban Idhul Adha 1440 Hijryah atau tahun 2019 ini berhasil mengumpulkan 5 ekor sapi dan 4 ekor kambing, dari warga di RT 031, 032, 033 dan 034 lingkungan III, dan setelah dipotong dibagikan kepada 375 warga jamaah di 4 RT.
"Kita ada 5 ekor sapi dan 4 ekor kambing, berasal dari warga di 4 RT, kemudian langsung kita bagikan kepada 375 warga, semua warga 4 RT di lungkungan III Bukit Kemiling Permai ini kebagian" terang Faizal Zaini.(db).