DBFMRadio.id : Kalianda, Pilkada serentak yang akan diselenggarakan ditengah pandemi, membuat anggaran yang dibutuhkan menjadi naik, hai ini dikarenakan bertambahnya kebutuhan yang diperlukan.


Kebutuhan tambahan tersebut berupa Alat Pelindung Diri (APD), dan beberapa alat kesehatan lainnya, yang sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19.


Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pilkada Tahun 2020 secara Virtual, yang diikuti Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Jajarannya, di Ruang Videoconfrence Rumah Dinas Bupati, di Kalianda, juga mengatakan‚ agar dena APBD yang berkaitan dengan pilkada segera di cairkan, mengingat tahapan pelaksanaan pilkada akan segera dilaksanakan.


"Dana APBD yang memang dialokasikan untuk pilkada, melalui perjanjian dana hibah dan sebagainya, itu segera dicairkan, karena diperlukan oleh KPU, Bawaslu, serta Iembaga-lembaga yang melakukan pengaman," jelasnya, Jum'at (5/6/2020).


Selain itu, Mahfud Md‚ juga megharapkan agar APBD dapat berpartisipasi dalam pilkada serentak mendatang‚ melalui pengalihan anggaran yang tidak terpakai di karenakan Covid-19.


"Jika ada dena yang tidak terpakai dikarenakan Covid-19, sehingga itu bisa jadi kompensasi untuk dialihkan kebijakan untuk menambah anggaran dari APBD," terangnya.


Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah siap untuk menyelenggarakan pilkada serentak mendatang. Persiapan protokol penyelenggaraan dengan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.


"Protokol itu kami susun bersama dengan gugus tugas dan Kementrian kesehatan, sehingga protokol yang Kami susun untuk tahapan pilkada itu sesuai dengan standar nasional maupun WHO (Word Health Organization) yang memang menjamin keselamatan penyelenggara," tukasnya.


Diketahui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan digelar pada 9 Desember mendatang‚ dengan menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease (COVID)-19. (db/ptm-aap).