22:57:03 DBFMRadio.id : Kalianda - Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos, MM membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan   Forum Group Discusion (FGD) Bidang Komunikasi Publik, di Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort Kalianda, Kamis (23/09/2021 ).


Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos, MM mengatakan, sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya Rakor & FGD sebagai momentum menjadikan pertemuan  antar Kepala Dinas Kominfo Se-Provinsi Lampung.


"Rakor & FGD  ini dapat menjadi wahana berbagai pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan kepada publik,  maupun upaya dalam membangun  daerah masing-masing" harap Thamrin.


Lanjut Thamrin, FGD ini merupakan bentuk terjalinnya kerjasama dengan seluruh pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo, sekaligus mewujudkan penyelenggaran LPPL yang lebih baik.


"Keberadaan LPP Lokal merupakan aset yang dimiliki suatu daerah untuk pengembangan komunikasi Publik Pemerintah.", katanya


"Berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah tidak akan dapat diketahui dan tidak akan mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi apabila masyarakat tidak mendapatkan informasi dan sosialisai dari pemerintah daerah", lanjut Thamrin


Oleh karena itu, sangat diperlukan suatu media massa yang bisa menjadi sumber informasi utama bagi pemerintah daerah yang dapat diandalkan dalam menginformasikan program pembangunan sampai ke masyarakat.


Kemudian, lembaga penyiaran menjamin masyarakat untuk mendapatkan pelayanan informasi terkait program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah sebagai bagian transformasi dan akuntabilitas aparatur pemerintah daerah.


Pada Forum yang sama Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan M. Sefri Masdian, S.Sos dalam laporannya mengatakan, Saat ini dari 415 kabupaten/kota dan 34 Provinsi, tercatat hanya 150 daerah yang memiliki Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Digital.


"Sementara di provinsi lampung  baru ada 6 LPPL, sehingga pada kesempatan ini kami bersama dinas kominfo Provinsi Lampung melalui forum ini mendorong kabupaten/kota lainnya dapat  memiliki LPPL" " harap Sefri.


Untuk diketahui Rakor yang dikemas dalam FGD Sinergi Membangun LPP Lokal Digital kerjasama Diskominfo Lamsel dengan Diskominfo Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, yang dimoderatori Aidil Adrian Pattrikaton ini, menampilkan Pembicara Kunci Kadis Kominfotik Prov. Lampung Ganjar Jationo, SE, M.AP ,  Praktisi Tehnologi Informasi Febri A. Sudrajat, ST ,  Direktur Rilis.ID Lampung Wirahadikusumah, S.P Praktisi Penyiaran  Ir. Aries Widojoko, ICPM.(db-bgpspt-aap).