(DBFMRadio.id) : Kalianda – Rapat pemantapan pelaksanaan HUT RI ke 75 kabupaten Lampung Selatan dilaksanakan di Aula Krakatau, kantor bupati Lampung Selatan, Rabu 12 Juli 2020, di hadiri Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekda Thamrin dan Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Supriyanto serta semua kepala OPD dan Kepala Bagian di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


Pimpinan rapat Thamrin mengatakan Upacara HUT RI ke 75 akan di laksanakan di pelataran kantor bupati Lampung Selatan pada pukul 07.00 dan Setelah mengikuti Upacara Peserta upacara langsung menuju Aula Rajabasa untuk mengikuti Upacara detik-detik Proklamasi di Istana kemerdekaan Jakarta pada pukul 10.00.


"Setelah pelaksanaan dengan peserta kurang dari 20 orang setelah itu kita akan mendengarkan pidato presiden bersama Forkompinda" ujarnya.



Ditempat yang sama Supriyanto juga menjelaskan prinsip upacara HUT Kemerdekaan ini adalah sederhana, khidmat dan sangat minimalis. tidak lupa Surprianto juga menghimbau bahwa pidato presiden mengalami perubahan jadwal.


"Pidato presiden di lakukan pada tanggal 14 Agustus yang bertepatan dengan hari Jum'at, pelaksanaannya di DPR dengan tim sekwan leading sektornya pada jam 08.30 dengan menggunakan seragam PSL" ungkapnya.


Kegiatan taptu atau pawai obor yang biasa di lakukan, lanjut Supriyanto, karena sedang dalam masa Pandemi Covid-19 maka untuk tahun ini ditiadakan namun untk acara renungan suci akan tetap dilaksanakan dan di selenggarakan oleh kodim 421/Ls. Kemudian kegiatan di lanjut dengan ramah tamah dengan regu veteran kemudian tabur bunga dan sorenya melaksanakan upacara penurunan bendera.


"Dalam upacara HUT nanti Bupati Lampung Selatan menjadi Inspektur Upacara" imbuhnya.


Tidak lupa Supriyanto juga menegaskan untuk seluruh OPD untuk memasang bendera di setiap kantornya masing-masing dan untuk para camat juga harus memastikan di desa- desa sampai ke plosok sudah terpasang bendera.


Supriyanto menegaskan pada tanggal 17 Agustus 2020 pada pukul 10.17 sampai 10.20 atau selama 3 menit Masyarakat wajib menghentikan seluruh kegiatan untuk ikut melaksanakan upacara secara mandiri dengan di bantu oleh TNI/polri dengan menyalakan sirine sebelum lagu Indonesia raya di berkumandang.


Menutup rapat Bupati Lampung Selatan menyampaikan karena HUT kemerdekaan indentik dengan Perlombaan maka beliau akan melaksanakan Lomba mural di Kebun Edukasi Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.


" Perlombaan Mural dengan peserta dari tingkat SMP, SMA/SMK, Mahasiswa dan Umum dengan melukis di Tembok yang mengelilingi kebun edukasi dirumah dinas itu dengan tema terserah pada peserta yang penting tidak mengandung unsur pornografi dan kekerasan" Ungkapnya. Dengan adanya perlombaan tersebut Nanang berharap dapat meningkatkan daya tarik kebun edukasi dengan keindahan gambar dari para peserta. (db/lmhr)