DBFMRadio.id - Kalianda : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan Evaluasi terkait Lomba Inovasi Daerah Dalam Rangka Penyiapan Tatanan Baru Produktif Dan Aman Corona Virus Disease (COVID)-19 di Aula krakatau, kantor bupati setempat, Jum'at (5/6/2020).


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, menjelaskan acara evaluasi lomba itu diadakan untuk mengkoreksi, kesesuaian video dengan ketentuan lomba yang telah ditetapkan.


"Inovasi terkait penanganan COVID-19, ini perintah langsung dari pemerintah pusat, ketentuan lomba juga sudah ada, dan harus menerapkan protokol kesehatan, sekarang sedang kami evaluasi hingga dapat kami perbaiki" jelasnya.


Pembuatan video ini, lanjut Thamrin, sebagai acuan bagi bagi masyarakat menghadapi new normal, dimana dalam pelaksaan lomba tersebut terdapat tujuh kategori lomba.


Selain itu, ada pula beberapa aspek yang akan menjadi bahan penilaian, seperti sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dengan bobot 40 persen, mudah dilaksanakan dan ditiru oleh daerah lain dengan bobot 30 persen, memiliki kebaruan dan kreativitas yang kuat 20 persen, serta ada unsur kerja sama dan kolaborasi 10 persen.


"Inovasi terkait dengan pasar, baik pasar desa atau modern, masalah perizinan, pelayanan, kesehatan, kuliner dan pariwisata. Pada intinya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk masa new normal mendatang," jelasnya lebih lanjut.


Thamrin juga mengatakan bahwa video lomba inovasi tersebut nantinya akan dikirim ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada hari Senin mendatang.


Berdasarkan data yang dihimpun, dalam lomba tersebut, Kemendagri akan menyiapkan hadiah berupa uang yang berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) dengan total sebesar Rp. 164 Miliar.


Dengan juara satu mendapatkan dana Rp. 3 milyar, juara dua mendapatkan dana Rp. 2 miliar dan juara tiga mendapatkan dana Rp.1 miliar. (db/ptm-aap).