15:20:59 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2022, untuk mewujudkan sinegritas Polri dan instansi terkait guna menjamin masyarakat yang aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di Lapangan Korpri, Pemkab Lampung Selatan, Jum'at (22/04/2022).


Nanang mengatakan, perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat, untuk melakukan perjalanan mudik berkumpul bersama keluarga.


"Berdasarkan survei Badan Litbang Kemenhub Republik Indonesia diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan melakukan perjalanan mudik." Ujar Nanang.


Meski situasi pandemi Covid 19 Indonesia saat ini sudah terkendali, Nanang menghimbau agar tetap waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terjadinya transmisi Covid 19 pada saat menjelang dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.


Oleh karenanya, dibutuhkan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholders terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan  Idul Fitri 1443 H.



Nanang mengungkapkan, Operasi Ketupat Krakatau 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 28 April 2022 - 9 Mei 2022. Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya akan fokus melakukan pengamanan pada beberapa objek, seperti masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.


"Pelaksanaan operasi ini akan melibatkan 144.392 personil pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personil Polri, dan 13.287 personil TNI serta 43.225 personil yang berasal dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, linmas, denpom, dan instansi lainnya. Kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.710 pos pengamanan dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu." Ujar Nanang.



Sebelum mengakhiri sambutannya Nanang mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personil TNI - Polri, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2022. Sehingga stabilitas dan keamanan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar.


"Semoga pengabdian dan tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi ladang amal ibadah dihadapan Tuhan yang Maha Esa." Ujar Nanang mengakhiri sambutannya.(db-sis-aap).