16:37:18 DBFMRadio.id : Jakarta - Tanggal 2 Mei 2021 hari ini,  adalah untuk kedua kalinya  memperingati dan merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)  di tengah suasana pandemi.


Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbufdristek) Nadim Makarim mengatakan,  masa-masa ini bukanlah masa yang mudah bagi para pendidik,  pelajar,  orang tua dan semua yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia ini.


"Selama lebih dari setahun saya banyak belajar memahami kesulitan para pelajar yang harus berjibaku melawan berbagai tantangan belajar dari rumah sekaligus memendam kerinduan untuk bertemu dan bercengkerama dengan teman dan sahabat." Kata Nadiem Makarim dalam sambutannya, pada upacara Peringatan Hardiknas tahun 2021, di Kantor Mendikbudristek Jakarta Selatan, Minggu (2/5/2021).



Nadim Makarim juga memahami kondisi para pendidik yang di tengah berbagai keterbatasan tiada lelah berinovasi, mengeksplorasi, menggali dan menemukan berbagai jurus jitu,  guna memastikan Pembelajaran dapat tersampaikan dengan kualitas dan manfaat terbaik.


"Saya pun mendengar keluh kesah dan kiprah para orangtua yang di tengah berbagai kesibukan mampu memainkan berbagai peran baik sebagai ayah ibu pendidik sekaligus sebagai sahabat bagi putra-putrinya." aku dia.



Pada bagian lain sambutannya, Nadiem Makarim mengajak di hari lahir bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara sekaligus Hari Pendidikan Nasional ini, untuk mengsampingkan segala keluh kesah,  bangkitkan semangat menyongsong lembaran Baru Pendidikan Indonesia.

Terlalu lama pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak dimanfaatkan sepenuhnya,  terlalu lama pemikiran Ki Hajar Dewantara hanya gunakan sebagai slogan slogan semata,  bahwa pendidikan di dalam Republik Indonesia haruslah menuju arah kebahagiaan batin serta juga keselamatan hidup lahir dan esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia.


Mulai hari ini, tegasnya lagi bahagia maupun nestapa pemikiran bapak pendidikan Indonesia haruslah dihidupkan kembali agar semakin lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia serta terwujud kemerdekaan belajar yang sejati.


"62 tahun berlalu Sejak pertama kalinya ditetapkan Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei,  hari ini adalah sebuah momen yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali apa saja yang bekerja dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki." Nadiem mengingatkan.


Lembaran Baru pendidikan Indonesia, terus dia,  berarti transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa namun juga menciptakan sejarah baru yang gemilang.


"Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila belajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Oleh karenanya Kementerian Dikbudristek secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan Merdeka belajar." ujarnya menjelaskan.


Pada upacara yang disiarkan langsung di akun YouTube diketahui Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 ini mengambil tema "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar."


Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, diikuti oleh pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pusat, unit pelaksana teknis yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning, melaui zoom meeting.


Selain itu, pegawai pemerintah provinsi/kabupaten/ kota yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri secara virtual di kanal youtube Kemendikbud RI.(db-ytbmdrstk-aap).