DBFMinfo (Bandarlampung) : Pemerintah Provinsi Lampung akan menggelar Festival Kopi Lampung (Lampung Coffee Festival).


Menurut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Lampung Taufik Hidayat, seperti dikatakan Kabid Humas & Komblik Biro Humas & Protokol Heriyansyah, Lampung Coffee Festival (LCF) yang akan digelar November mendatang akan menampilkan kopi robusta Lampung dengan mutu dan grade terbaik, dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing fan nilai jual Kopi Lampung.


“Festival ini, untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual kopi Lampung, khususnya Kopi Robusta” terang Taufik Hidayat saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan Festival Kopi Lampung tahun 2019 di Ruang kerja Asisten Ekbang Kantor Gubernur Provinsi Lampung Jum’at, (26/7/2019).


Taufik juga berharap dalam rangkaian Lampung Coffee Festival juga akan diselenggarakan seminar ilmiah yang akan memutus mitos – mitos yang tidak benar mengenai bahaya konsumsi kopi.


“Saya juga berharap kita mendatangkan pakar – pakar kesehatan kopi yang akan mengedukasi konsumen tentang manfaat kopi. Dengan demikian kita dapat meningkatkan konsumsi kopi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani kopi”, ucap Taufik.


Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung Kusnardi menambahkan gelaran Lampung Coffee Festival akan memperkenalkan kopi Lampung sembari meningkatkan konsumsi kopi, mengedukasi konsumen akan kelebihan dan keunggulan kopi robusta Lampung, dari Liwa dan Ulubelu.


“Kita akan memperkenalkan kopi Lampung yang beragam seperti kopi Liwa dan kopi Ulubelu yang memiliki cita rasa khas dan tidak kalah dengan kopi – kopi di daerah lain yang lebih terkenal" Kata Kusnardi menambahkan.


Sementara Kabid Industri Argo Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Maryani menyampaikan rangkaian Lampung Coffee Festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran kopi, lomba barista, cup test, latte art, uji cita rasa kopi, lomba cerdas cermat petani kopi, seminar kopi, pemilihan duta kopi dan minum kopi serentak bersama. (hmsprv).