DBFMRadio.id : Kalianda - Kabupaten Lampung Selatan optimis tingkatkan predikat penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak yang akan diselenggarakan di tahun 2021 mendatang.


Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP &PA) Anassrullah, pembentukan forum Anak dan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), menjadi terobosan yang dilakukan oleh Dinas PP&PA Kabupaten Lampung Selatan, untuk mencapai predikat Kabupaten Layak Anak itu.



"Kita bentuk forum anak di seluruh desa, agar ketika ada kekerasan kepada anak, mereka bisa saling sharing(berbagi), biasanya anak takut untuk bilang langsung ke orang tua, selain itu kita juga sudah punya RBRA di Masjid Agung kalianda," jelas Anasrullah, saat ditemui DBFM Radio di ruang kerjanya, Kamis (25/6/2020).


Anasrullah juga menjelaskan, inti dari dibentuknya Kabupaten Layak Anak itu, di maksudkan untuk memenuhi 31 hak anak di Indonesia, dengan melakukan pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya di seluruh elemen.


"Tropi itu kan hanya bentuk penghargaan saja, intinya adalah PP&PA ini ada di Kabupaten layak anak ini untuk memenuhi 31 hak anak, nah jika itu sudah terpenuhi maka dapatlah penghargaan berupa tropi tersebut," jelasnya.


Selain itu, Inovasi itu berupa Desa Layak Anak, Kecamatan Layak Anak, dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasi Masyarakat (PATBM). Dalam PATBM tersebut sebagai wadah untuk melaporkan kekerasan yang terjadi kepada anak.


Tokoh Masyarakat, perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, TNI, Polri, dan Anak-anak itu sendiri, tujuannya lanjut dia, agar masyarakat dapat menyelesaikan masalah secara kekeluargaan.


Dirinya juga mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan juga mempuyai prahu pustaka di Desa Bakau dan edukasi pinggir pantai sebagai Inovasi untuk mencapai target Kabupaten Layak Anak.


"Jadi Prahu Pustaka itu keliling pesisir pantai dan pulau untuk menberikan buku kepada anak-anak agar dapat membaca, edukasi pinggir pantai itu memperkenalkan cara merawat biota laut dan pembersihan pantai sejak dini," terangnya lebih lanjut.


Menurutnya untuk mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak, harus memenuhi 5 kluster, dan persiapan Kabupaten Lampung Selatan sejauh ini sudah mencapai 80%.


Sejauh ini, Dinas PP&PA telah mendapatkan 3 tropi penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak, dengan Predikat Pratama. Untuk penilaian ditahun 2020 akan diundur di Tahun 2021. (db/ptm-aap)