(dbfmradio.id) Kalianda : Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Virus Disiese ( COVID) -19 Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja dalam rangka Monitoring dan Evaluasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Lampung Selatan, Senin (20/4/2020).


Kunjungan Tim Gugus Tugas Provinsi tersebut dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Irwan Sihar Marpaung dan disambut Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Edi Purnomo, serta seluruh jajaran tim gugus tugas penanganan COVID-19.


Kepada dbfmradio.id, Ketua Tim Monev Irwan Sihar Marpaung mengatakan Monev Gugus Tugas Penangan dan Penanggulangan Covid 19 Provinsi Lampung ke Kabupaten Lampung Selatan ini merupakan bagian dari tugas Tim untuk melihat sejauh mana, kesiapan Kabupaten Lampung Selatan, menangani covid 19 ini.


"Ini (Monev) adalah bagian dari tugas tim Provinsi untuk melihat sejauhmana kesiapan Kabupaten Lampung Selatan untuk mengantisipasi Pandemi Covid 19. Tadi juga sudah saya jelaskan apa apa yang harus diantisipasi di antaranya adalah Jaring Pengaman Sosial, termasuk Rumah Sakit Bob Bazar sebagai Rumah Sakit rujukan Covid 19" terang Irwan S. Marpaung.


Dikatakan Irwan R. Marpaung, jangan sampai RS Bob Bazar kewalahan menerima pasien Covid 19, karena tidak menyiapkan ruang isolasi dan fasilitasi kesehatan sesuai protokol penangananan pasien Covid 19.


"Jangan sampai nanti pasiennya banyak tapi rumah sakitnya tidak dapat nenampung, saya juga akan melihat seperti apa yang dilaporkan Pak Bupati tadi, benar atau tidak" aku Irwan S Marpaung.


Intinya, lanjut dia, tim Gugus Tugas Provinsi Lampung datang kr Lampung Selatan ini untuk melihat benar atau tidak apa yang selama ini dilaporkan itu sesuai dengan kenyataan di lapangan.


Sebelumnya, dalam laporannya Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, mengungkap kondisi masyarakat di Lampung selatan, serta tindakan-tindakan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam penanganan dan penanggulangan COVID-19.


"Terkait dengan pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Lampung Selatan hingga saat ini dapat kami laporkan, ODP sebanyak 46 orang, PDP sebanyak 2 orang, OTG sebanyak 6 orang, dan Positif COVID-19 sebanyak 1 orang," paparnya.


Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, lanjut Nanang Ermanto, telah melakukan beberapa kegiatan sosial, mulai dari pembagian masker, penyemprotan dan sanitasi lingkungan di beberapa wilayah di Kabupaten Lampung Selatan.


"Tim Gugus Tugas Kabupaten Lampung Selatan, juga sudah menyiapkan ruang isolasi di RSUD Bob Bazar bagi masyarakat yang terjangkit COVID-19, sekaligus merupakan Rumah Sakit Rujukan bagi pasien yang terjangkit pandemi COVID-19." lapor dia.


Usai pertemuan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Virus Disiese ( COVID) -19 Provinsi Lampung, didampingi tim Gugus Tugas Lampung Selatan melakukan monitoring Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar.(ptm/db-aap).