15:19:00 DBFMRadio.id : Bandarlampung - Salah satu upaya untuk menghasilkan siaran di Provinsi Lampung yang sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, masyarakat sebagai  pendengar sekaligus  berperan mengawasi.


Penguatan posisi pengawasan  terhadap lembaga penyiaran yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah -KPID- Lampung bersama masyarakat, merupakan bentuk  upaya preventif terhadap siaran yang tidak mendidik dan tidak layak didengar.


Gubernur Lampung Arinal Junaidi, melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Provinsi Lampung -  Qodratul Ikhwan saat membuka KPID AWARD 2021 di Bandarlampung mengatakan, lembaga penyiaran saat ini sedang dalam masa transisi dari Penyiaran Analog ke digital atau Analog Switc Off -ASO- merupakan amanah dari undang-undang cipta kerja  nomor 11 tahun 2020.


"Pengalihan analag ke digital atau ASO (Analog Switch Off) yang akan dilakukan November tahun depan (2022), sesuai undang-undang cipta kerja" ujar Qodratul Ikhwan, Rabu (17/11/2021).


Sementara ditempat yang sama, Ketua KPID Lampung Budi Jaya mengatakan, KPID Lampung Award adalah salah satu penghargaan bidang penyiaran yang diselenggarakan rutin tiap tahun, sebagai bentuk apresiasi KPID Lampung kepada lembaga penyiaran di provinsi Lampung.



"Anugerah ini rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai apresiasi kepada lembaga penyiaran televisi dan radio di Lampung dalam menyelenggarakan siaran sehat dan berkualitas" kata Budi Jaya.


Melalui tema Jejama Ngejaga Siaran Sihat di Provinsi Lampung, lanjut Budi Jaya, pemilihan tema ini, merupakan bentuk kepedulian KPID Lampung terhadap kearifan lokal Lampung.


"Tema Jejama Ngejaga Siaran Sihat di Provinsi Lampung, diharapan dapat menjadi momentum menyatukan langkah untuk mewujudkan penyiaran sehat dan bermanfaat bagi masyarakat Lampung" katanya.


Diketahui pada KPID Lampung Award 2021   ada 14 katagori penghargaan, diantaranya,  Buletin Berita TV lokal diraih  Radar TV,  Bulletin Berita radio swasta dan  LPP : RRI Bandar Lampung,  Buletin Berita TV berjaringan  diraih  I News TV.


Sedangkan Music & informasi Radio untuk radio komunitas diraih Radio Suara Pelajar.
Katagori Talkshow TV Lokal diraih Radar TV dan  Talkshow radio  diraih  RRI Bandar Lampung serta ILM untuk Radio komunitas diraih Radio G 5.(db-aap).