DBFMRadio.id : Kalianda - Satuan Tugas Corona Desese (Satgas Covid) 19 menggelar rapat dalam rangka kesiapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Lampung Selatan di Aula Rajabasa kantor bupati Lampung Selatan, Rabu, (7/10/2020).


Rapat yang di hadiri Pjs Bupati Lampung Selatan H. Sulpakar serta jajaran Forkompinda, Kepala OPD dan Camat di Lampung Selatan ini membahas berbagai persiapan Pilkada Lampung Selatan.


Pada kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol Lampung Selatan Thomas Amirico memaparkan beberapa materi berkenaan tentang persiapan pilkada yang di ikuti delapan kabupaten kota di Provinsi Lampung termasuk Lampung Selatan.


Dalam paparannya Thomas menjelaskan rapat ini bertujuan untuk supaya kita menyamakan persepsi supaya proses persiapan sampai proses pelaksanaannya berjalan, aman ,tentram sejuk dan sehat.



"Kita harus menjalankan setiap tahapan pilkada dengan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan dan keselamatan serta membentuk tim komite yang terdiri dari beberapa instansi diantara dinas kesehatan dan BPBD" jelasnya.


Thomas mengatakan faktor-faktor yang harus diperhatikan agar pilkada dapat berjalan dengan lancar adalah perlunya kordinasi antara Bawaslu dan KPU.


" KPU dan Bawaslu harus saling berkoordinasi untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif dari virus Corona serta dukungan mulai dari pemerintah daerah, TNI/POLRI dan juga masyarakat" ucapnya.


Ditempat yang sama Pjs bupati Lampung Selatan Sulpakar meminta untuk dinas BPBD serta Kesbangpol menyatu dengan tim gugus tugas covid-19.


" Jadi setiap unsur pengawasan dan pemantauan Pilkada yang selenggarakan pemerintah daerah menyatu dengan petugas kesehatan memastikan disetiap tempat tahapan pemilu serta kampanye sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang di terapkan oleh pemerintah pusat" tegasnya.


Sulpakar juga menegaskan kepala desa dan camat harus peka terhadap lingkungan yang harus mendapatkan pengawasan khusus dan bekerjasama dengan TNI dan POLRI dalam pengawasan tersebut.(db/lmhr)