16:16 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Korpri, Komplek Pemda Setempat. Selasa Pagi, (19/12/2023). Upacara dimulai sekitar pukul 07.35 WIB.


Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 mengusung tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju” yang bermakna mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.


Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto ini, turut dihadiri jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Thamrin, pejabat utama beserta Kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkab Lampung Selatan, seluruh staf Aparatur Sipil Negara (ASN), PPPK, dan Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS).



Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan mengatakan bahwa Peringatan Hari Bela Negara bukan semata menjadi calender event hari besar nasional yang harus diperingati, akan tetapi ada makna sejarah perjuangan kemerdekaan yang menjadi tonggak perjalanan bangsa menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat penuh menjalankan pemerintahannya.


“Oleh karena itu, makna peringatan ini harus dapat menumbuhkan semangat atau spirit perjuangan dan komitmen kita semua dalam sukseskan seluruh program pembangunan daerah,” kata Nanang.


Menyampaikan Amanat Presiden Republik Indonesia, Bupati Lampung Selatan Nanang juga menuturkan, Hari Bela Negara ini merupakan momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.


“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertanahan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.


Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI salah satu wujud konkrit Bela Negara.


"Semangat Hari Bela Negara ke-75, Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju,” ujar Nanang mengakhiri sambutannya. (swd-dwa)