(09:32:25) DBFMinfo, Kalianda : Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2019 di Kabupaten Lampung Selatan, dilaksanakan di Lapangan Korpri Kalianda, Plt. Bupati Nanang Ermanto selaku Inspektur Upacara dan Kapten Invantri Paino dari Makodim 0421/Lampung Selatan menjadi Komandan Upacara.
Pantauan DBFMinfo, sekira pukul 07.45, Upacara dimulai, dengan didahului laporan Komandan Upacara, kemudian Inspektur upacara Plt. Bupati membacakan Teks Pancasila dilanjutkan, Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, oleh Anggota DPRD Jenggis Khan Haikal serta pembacaan Ikrar Pancasila oleh Salah seorang pelajar SMKN 1 Kalianda, diikuti unsur ASN, pelajar, Mahasiswa, Pramuka, TNI dan Polri, dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda, seperti Kapolres Lamsel AKBP M.Syarhan , Dandim 0421/Lamsel, Letkol. Kav. Robinson Oktovianus Bessie dan Anggota DPRD Lampung Selatan.
Usai upacara, Plt. Bupati Nanang Ermanto kepada DBFMinfo mengatakan, makna kesaktian pancasila bermakna sekali, bagaimana pada tanggal 30 September 1965, Pancasila dirongrong yang ditandai dengan pembunuhan beberapa Perwira TNI, dapat dijadikan pelajaran bagi generasi muda.
"sangat luar biasa, kala itu terjadi pembunuhan dewan jenderal, yang disiksa begitu sadiis, inilah pelajaran untuk generasi muda, bahwa persatuan dan kesatuan itu sangat perlu dengan ideologi pancasila, tidak boleh sampe terpecah belah" terang Nanang Ermanto, Selasa (1/10/2019).
Sesuai tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019, lanjut Nanang, Kita Indonesia Kita Pancasila, kalau ditarik pada kondisi saat ini seperti apa, saat ini sebenarnya tinggal bagaimana ideologi pancasila benar benar diterapkan, sebagai pandangan hidup.
"Nah sekarang ini kan tinggal bagaimana sebetulnya tanggung jawab kita keseluruhan khususnya dunia pendidikan, ideologi pancasila harus bener bener diterapkan agar supaya tertanam di pikiran generasi muda" tukas Nanang Ermanto.(db).