20:14:31 DBFMRadio.id : Kalianda - Kabag Kerjasama Sekdakab Lampung Selatan Badruzzaman, memimpin rapat Pembahasan MoU antara Pemda Lampung Selatan dengan Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) dan Universitas Mitra Lampung (UMITRA),  membahas tentang kerjasama di Bidang Pendidikan, Penelitian, Pelatihan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Kamis (20/05/21).


Pada rapat yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Lamsel Eka Riantinawati, S.KM., M.Kes, Rektor UML Dr. H. Dalman, M.Pd, Jajaran pimpinan UMITRA, para kepala OPD terkait beserta jajaran,  Badruzzaman mengatakan, dengan adanya peraturan yang baru TKKSD Lampung Selatan sudah diberdayakan sesuai dengan aturan yang ada.


"setiap melakukan kerjasama pemerintah daerah harus direkomendasikan oleh Bupati melalui Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dalam bentuk penandatanganan MoU." katanya.



Badruzzaman menambahkan, ada beberapa pengajuan kerjasama masih dalam proses, yang akan disatukan pada UML dan UMITRA dikarenakan satu pokok bahasan, adanya 2 lembaga pendidikan ini diharapkan bisa bekerjasama dengan Pemkab Lamsel.


"MoU  secara Nasional pemerintah mempunyai penanganan kerjasama yang menjadi bagian sangat penting, agar kerjasama tidak dikelola oleh pemkab sendiri melainkan mendapat dukungan dari daerah lain" ujar Badruzzaman, yang juga Sekretaris TKKSD.


Perjanjian kerjasama ini lanjut Badruzzaman, adalah Kesepakatan bersama dari kedua belah pihak atau lebih dengan prinsip saling menguntungkan dan adanya kepastian hukum.


MoU sendiri mempunyai tahapan dari awalan penyusunan kesepakatan bersama, penandatanganan kesepakatan bersama antara pimpinan lembaga pendidikan dan Bupati, penyusunan PKS antar OPD terkait.


"Kami (Pemkab) sangat berharap apapun yang menjadi kesepakatan bersama dalam MoU harus berjalan dengan baik,  jangan sampai tidak ditindaklanjuti karena MoU ada penilaian di jenjang Provinsi dan kementrian dalam negri"  tutup Badruzzaman.(db-bgpsp-aap).