07:43:13 DBFMRadio.id : Kalianda - Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, S.Sos membuka  Penilaian Pengharagaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahap II Tahun 2023 Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Lampung, berlangsung di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan Selatan,  Jumat (10/2/2023). 


Dalam sambutannya Thamrin mengatakan, saat ini Lampung selatan telah banyak melaksanakan program dan kegiatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Sebagai wilayah dengan sebagian besar Penduduknya tergantung pada sektor pertanian dan perkebunan, saat ini kita memprogramkan pembangunan yang lebih mengutamakan untuk kesejahteraan masyarakat" ujar Sekda.


Bupati Lampung selatan, lanjut Thamrin,  konsisten dengan visi misi nya. Sesuai dengan misi yang ke 4 rencana pembangunan daerah yaitu membangun ekonomi kreatif dengan mengembangkan potensi unggulan daerah.


Hal ini bertujuan untuk mewujudkan perkembangan ekonomi yang eksklusif dan berkelanjutan berlandaskan  pada struktur perekonomian yang pokok.


"Oleh karena itu Bapak Bupati meminta paparan seluruh Perangkat Daerah (PD).
Satu per satu paparan sudah di jabarkan Perangkat Daerah (PD) dan team Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di depan bupati untuk mengetahui dalam rangka pencapaian Lampung Selatan." Katanya lagi.


Semua telah terlaksana paparan nya sehingga hasil dari paparan tersebut di selaraskan dengan musrenbang di 17 kecamatan dalam rangka menyerap inspirasi masyarakat melalui musrenbang tersebut dengan melibatkan anggota dewan.


Dimasa pandemi covid 19, terus Sekda,  Pertumbuhan ekonomi di kabupaten Lampung Selatan terkoreksi -1,7 % , di Tahun 2021 sudah mulai bergerak 2,3 % kemudian di tahun 2022 3,5 % dan di targetkan 2023 menjadi 4,0 %.


Untuk mendukung wilayah  yang sebagian besar penduduknya bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan maka sebuah keharusan untuk mengembangkan potensi di sektor pertanian dan perkebunan tersebut.


Pada bagian lain sambutannya, Thamrin menerangkan produksi pertanian unggulan khususnya kelapa di Kabupaten Lampung Selatan merupakan yang terbesar di Provinsi Lampung.


"Seperti yang kita ketahui bahwa produksi pertanian unggulan khususnya kelapa di Kabupaten Lampung Selatan merupakan yang terbesar di Provinsi Lampung." Thamrin menjelaskan.


Di tahun 2022 hasil kelapa tercatat sebesar 20.742 ton. Dan komunitas pertanian serta perkebunan merupakan salah sektor strategis dan unggulan yang dapat meningkatkan daya saing daerah .


Melalui program penyajian dan pengembangan sarana pertanian, dinas pengembangan pertanian dan perkebunan sebagai perwakilan pemerintah daerah berinovasi mengembangkan pertanian unggulan di Kabupaten Lampung Selatan serta mempunyai potensi besar atau pasar yang cukup tinggi.


"Melalui ajang pemberian penghargaan pembangunan daerah ini, kami mempersembahkan inovasi pengembangan Kelapa Puan Kalianda yang di singkat (KPK) melalui kultur embrio untuk mendorong peningkatan  kesejahteraan masyarakat." Tambahnya.


Sekdakab Lamsel Thamrin berharap, kelapa kultur embrio dapat menghasilakan kelapa dalam dengan prestasi kualitas 90 % bahkan jauh lebih tinggi dari pengembangan kelapa sebelumnya.


Selain itu disampaikan juga oleh Thamrin, Yang menjadi harapan kedepannya pengembangan dari kultur embrio tersebut akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.


"Kultur embrio ini juga akan berpengaruh pada peningkatan Kesejahteraan masyarakat Lampung Selatan" tutup dia. (db-dwa).