22:05 DBFMRadio.id, KALIANDA - Kalianda Fair 2023 yang berlangsung pada tanggal 8 - 10 November 2023, resmi dibuka oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Ditandai dengan pemukulan gong, Bupati Lampung Selatan didampingi oleh anggota Forkopimda Lampung Selatan, anggota DPRD Lampung Selatan, Kepala Perangkat Daerah, Camat Kalianda, dan Tokoh Adat setempat. Rabu, (8/11/2023).


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Raden Mas Desa Sukaratu Kecamatan Kalianda, berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan Stand UMKM, Stand Desa dan Kelurahan se- Kecamatan Kalianda, pertunjukan seni, dan tarian masal.


Camat Kalianda Firma Romansyah dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Kalianda Fair 2023 merupakan ajang pengenalan produk unggulan UMKM dan potensi desa melalui pameran keanekaragaman budaya seni di Kecamatan Kalianda. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan agar tercapai UMKM berkualitas bersama desa dan kelurahan yang berintegritas.


Terdapat 4 Stand Kelurahan dan 25 Stand Desa yang ada di Kalianda Fair 2023, serta diadakan lomba untuk seluruh desa dan kelurahan yaitu lomba qasidah dan lomba-lomba lainnya.


“Dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui keanekaragaman produk UMKM melalui hasil kerajinan dan kuliner dari desa se-kecamatan Kalianda guna untuk menggerakkan kembali pelaku usaha kecil menengah sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga", ucap Firma.


Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Kalianda Fair 2023 dengan keanekaragaman adat dan budaya serta hasil kerajinan dan olahan kuliner dari setiap desa di Kecamatan Kalianda. Dirinya berharap kegiatan tersebut bisa menggerakan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat.


"Semoga kegiatan ini dapat memperkuat ikatan komunitas, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta meningkatkan kebanggaan akan kekayaan budaya dan produk unggulan Lampung Selatan", ujar Nanang.


Kemudian, pada kesempatan tersebut juga turut dilakukan pengukuhan pengurus komunitas UMKM Kecamatan Kalianda periode 2023-2028 dan penyerahan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. (swd-dwa)