(14:02:05) DBFMinfo, Kalianda : Bertempat di Balai Desa Sukatani Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melantik dan mengambil sumpah 5 Kepala Desa (Kades), masing masing Ridwansyah Sebagai Kepala Desa Kecapi, Junaidi, SE, Sebagai Kepala Desa Kedaton, Joni Arizon Sebagai Kepala Desa Merak Belantung dan Lagiman Sebagai Kepala Desa Sukatani serta Fajri Suryadi Putera Sebagai Kepala Desa Kesugihan, Selasa (20/8/2019).
Dalam kata kata pelantikkannya, H. Nanang Ermanto Percaya, kelima Kades yang dilantik akan melaksanakan tugas dengan baik, sesuai tanggung jawab yang dibebankan.
"Saya percaya, bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada Saudara" kata H. Nanang Ermanto Selasa (20/8/2019).
Usai pelantikan, Plt. Bupati Lampung Selatan ini kepada info.dbfmradio.id mengatakan pelantikan 5 Kades hari ini, merupakan pelantikan pertama terhadap Kepala desa terpilih, di Kecamatan Kalianda pada Pilkades serentak tahap ke III, bulan 26 Juni 2019 lalu, dan menyusul di Kecamatan Rajabasa di hari yang sama dan sekaligus pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa. H.Nanang Ermanto berharap, karena kelima Kades terpilih sudah dilantik, dapat menjaga amanat yang diberikan dari masyarakat, ( warga desa), terutama dalam hal pengelolaan dana desa, karena penggunaan dana desa tidak bisa sembarangan.
"Mereka sudah terpilih dan dilantik Insyaalah mereka sudah bekerja dan sekalugus pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa,lha ini rangkaian dari bagaimana antara kepaladesa dengan tim penggerak PKK, dapat membersayakan masyarakat. Lebih dari itu, dapat menjaga amanat yang diberikan masyarakat, terutama dalam hal pengelolaan dana desa, karena penggunaan dana sesa ada aturannya"
Seperti diketahui, 131 desa di Lampung Selatan, oada tanggal 26 Juni lalu melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang III. Setidaknya ada 435 calon kepala desa bertarung dalam pesta demokrasi tingkat desa itu. 

Bangun Komunikasi Dengan BPD.


Untuk Kecamatan Rajabasa, Plt. Bupati Nanang Ermanto melantik 4 Kades terpilih di pusatkan di Balai Desa Rajabasa. Pada kesempatan itu Nanang Ermanti mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa perlu ditumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemenntahan serta pembangunan. Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi dan keadilan di kalangan masyarakat desa.
Oleh karena itu, lanjut dia, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selaku penyelenggara pemerintahan desa, diharapkan kepada Kepala Desa yang baru dilantik hendaklah,bekerja dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh Ianggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya.
"Dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepala desa selaku penyelenggara pemerintahan deaa, saudara saudara kepla desa yang baru dilantik hendakalah bersungguh sungguh, bekerja dan laksanakan tugas dengan dan penuh Ianggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas Saudara" harap Nanang Ermanto Selasa (20/8/2019).
Plt Bupati juga menyarankan bangun komunikasi yang harmonis dengan Badan Perwakilan Daerah (BPD) sebagai mitra kepala desa, sekaligus bersinergi dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Berdasarkann Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan NOMOR : B/487/I.02/HK/2019 Tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, Plt.Bupati Lampung Selatan memberhentikan penjabat Kades dan mengangkat Kades terpilih pada Pilkades serentak beberapa waktu lalu.
Adapun Kades yang dilantik masing masing Syafrudin Ali, Sebagai Kepala Desa Cugung , Rusdi Edwar, sebagai Kepala Desa Batu Balak , Syarif Hidayat Sebagai Kelala Desa Hargo Pancurab dan Hermansyah H.R Desa Rajabasa.(chk/agg/db).