13:20 DBFMRadio.id, KALIANDA - Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) PMR Nasional Ke IX Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) H. M. Jusuf Kalla yang berlangsung di Stadion Jati Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Selasa pagi (4/7/2023).


Pembukaan ditandai dengan pemukulan Cetik Pekhing, instrumen musik gamelan khas daerah Lampung yang dilakukan setelah parade peserta dari 34 Kontingen se-Indonesia dan 11 Negara Sahabat yakni Amerika Serikat, Italia, Tiongkok, Hongkong, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Kamboja, Laos dan Timor Leste.


Ketua Panitia Pelaksana Sasongko Tedjo menjelaskan Jumpa Bakti Gembira digelar untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan palang merah remaja ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga nasional. Kegiatan Jumbara ke-IX akan diselenggarakan selama 9 hari penuh dan merupakan ajang Nasional yang dilaksanakan 5 tahun sekali.


“Kegiatan berlangsung mulai dari tanggal 3-9 Juli meliputi 22 kegiatan jumpa Bakti dan Gembira dengan tema yang di usung yaitu cerdas, kreatif, dan berkarakter ini memiliki visi menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif dan berkarakter,” ujarnya


Pada kesempatan tersebut, H. M. Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Palang Merah Remaja yang mulai dari tingkat Pemuda, Madya dan Wira di SD, SMP, dan SMA. Kegiatan nasional Jumbara PMR juga merupakan pengalaman yang penting untuk para peserta untuk menjaga persahabatan, mempelajari budaya, serta memulai pengalaman menuju kader-kader kemanusiaan yang akan memimpin upaya kemanusiaan pada masa yang akan datang.


“Jumbara yang ke-IX tahun ini, di hari libur anak-anak sekolah ini tentu dengan harapan semua anak datang dengan semangat, keberanian, kemampuan dan juga untuk bersama-sama membahas dan belajar serta berpengalaman hidup lebih sehat agar dapat memberikan pengalaman ini kepada teman-teman yang lainnya yang tidak sempat datang ke Lampung ini,” imbuhnya.


Ketua Palang Merah Indonesia H. M. Jusuf Kalla juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Daerah Lampung Selatan, serta PMI Kabupaten Lampung Selatan dan jajaran kepanitiaan yang telah bersinergi untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik. (swd-dwa)