13:42:44 DBFMRadio.id : Jakarta - Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju menjadi tema Hari Olahraga Nasional ke-38 tahun 2021.


Sesuai arahan Presiden, DBON, diharapkan akan menjadi jawaban tentang review total terhadap ekosistem olahraga Nasional dan perbaikan tata kelola prestasi olahraga Nasional.


"Sudah saatnya, tidak lagi mendapatkan atlet berprestasi by accident, namun  atlet berprestasi  harus dicetak atau by disign,  sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan pembinaan prestasi,  harus punya rujukan yang jelas dengan ukuran-ukuran yang pasti yakni  melalui DBON." Terang Menteri Pemuda dan Olahraga  Zainudin Amali dalam laporannya, di Gelanggang Olahraga POPKI, Cibubur, Jakarta Kamis (9/9/2021).


Diforum yang sama, dari istana negara, secara virtual  Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional tahun ini diperingati  dengan catatan yang membanggakan atas Raihan prestasi  dalam ajang olimpiade dan paralimpiade 2020.



"Peringatan Hari Olahraga Nasional tahun ini kita peringati dengan catatan prestasi yang membanggakan atas Raihan berbagai medali dalam ajang olimpiade dan paralimpiade Tokyo 2020" ujar Presiden.


Pencapaian prestasi yang menginspirasi seluruh bangsa, terus Jokowi,  bukan hanya membuat kita semua bangga tapi juga memacu lahirnya prestasi prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang.


Presiden juga minta agar insan olahraga terus meningkatkan prestasi, karena prestasi tidak muncul begitu saja, namun diperoleh dari proses pembinaan dari hulu hingga ke hilir dengan sistematis  dan berkelanjutan.


Dari kanal YouTube Kemenpora diketahui, Peringatan Haornas ke-38 ini,  menjadi momentum  terbitnya Peraturan Presiden nomor 86 tahun 2021 tentang DBON, sebagai payung hukum untuk menciptakan  atlet berprestasi by disign.


20 Insan Olahraga Peroleh Penghargaan


Disamping itu, Kemenpora juga memberikan penghargaan kepada 20 insan yang berkontribusi dalam dunia olahraga Indonesia.


Tidak saja atlet, penghargaan juga diberikan pada wasit, pembina cabang olahraga, dosen olahraga dan wartawan, khususnya mereka yang berkontribusi di dalam pengembangan olahraga nasional.


Dari atlet, peraih medali emas Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 mendapat penghargaan. Seperti ganda putri bulu tangkis Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.


Kemudian Leani Ratri Oktila yang menyumbang dua emas dan satu perak pada cabang olahraga para-bulu tangkis di Paralimpiade Tokyo, serta Hary Susanto yang meraih emas bersama Leani di nomor ganda campuran SL3-SU5.(db-ytbkmpra-aap).