13:02:35 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022 di ruang rapat paripurna  DPRD Lampung Selatan, bersama Anggota Forkopimda dan Sekretaris Daerah Thamrin serta  sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah Lampung Selatan.



Rapat paripurna dipimpin  Ketua DPRD Lampung Selatan, H. Hendry Rosyadi didampingi Wakil Ketua I  Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto, dan Wakil Ketua III Waris Basuki.


Presiden RI Joko Widodo  menyampaikan pidato kenegaraan  dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI  pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/08/2022).


Ketua MPR Bambang Soesatyo, dalam kata pembukaannya mengatakan Kondisi global Saat ini semakin tidak menentu,  semua negara sedang berupaya keras memulihkan ekonominya pasca pandemi covid 19, namun fase ini terganggu oleh dinamika global seperti konflik Rusia - Ukraina.


"Kenegarawanan Presiden Jokowi ditunjukkan, melalui pelaksanaan salah satu tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia,   ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial" ujar Bamsoet.


 


Sementara dalam Pidatonya Presiden mengisyaratkan, negara Kita termasuk negara yang berhasil menanggulangi pandemi covid 19, hal ini dibuktikan dengan ekonomi berhasil tumbuh positif diangka 5,4%, pada quartal kedua tahun  2022 ini.



"Ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,4 persen pada kuartal kedua tahun 2022 ini neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut dan di semester 1 tahun 2022 ini,  surplusnya sekitar 364 triliun katanya.


Presiden melanjutkan, fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak dalam menghadapi pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh" jelas Presiden.


Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta semua pihak mengawal perhelatan Pemilu 2024 dengan damai.


“Kita tentu paham kapan waktu bertanding, kapan waktu bersanding,” tutur Puan.


Putri Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri ini juga mengajak  untuk membangun komitmen bersama melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, bersuka ria dan tanpa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.


Dikanal YouTube DPR RI diketahui, Presiden Joko Widodo terlihat mengenakan pakaian adat  Paksian dari Provinsi Bangka Belitung, berwarna dominan hijau dan bermotif pucuk rebung, yang melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.


Untuk diketahui, Sidang tahunan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden berdasarkan laporan Sekretariat Jenderal DPR RI dihadiri 435 dari 711 anggota MPR, DPR dan DPD yang menandatangani daftar hadir.(db-dcm-vmh).