19:32:48 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Senin (18/10/2021).


Mewakili Bupati Lampung Selatan, Sekda Thamrin mengatakan, sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan deklarasi damai dan berharap pada deklarasi damai ini dapat menciptakan kondisi Pilkades Serentak Tahun 2021 yang aman, damai, sehat dan kondusif.


Thamrin juga mengatakan, bahwa pelaksanaan Pilkades serentak kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 sempat tertunda disebabkan semakin meningkatnya wabah Covid-19. Penundaan ini tidak saja di kabupaten Lampung selatan namun  diseluruh daerah.



Kemudian, Thamrin mengingatkan kepada para calon kepala desa harus menyadari bahwa dalam kompetesi pesta demokrasi Pilkades tersebut harus siap menang dan kalah.


"Dalam pesta demokrasi Menang kalah adalah hal yang lumrah. Jangan sampai menimbulkan rasa dendam yang mendalam. Bagi yang menang, saya berpesan jangan merayakan dengan euforia yang berlebihan, apalagi ditengah pandemi Covid-19", ujar Thamrin.


Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, Deklarasi Damai ini harus memuat komitmen dan konsisten bagi seluruh calon kepala desa untuk turut menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses pelaksanaan Pilkades serentak.


"Deklarasi pada hari ini merupakan bagian dalam kerangka membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi yang semuanya meningkatkan untuk diwujudkan dalam perhelatan Pilkades serentak yang akan digelar pada 28 Oktober  mendatang.", ucapnya


16 Kecamatan Mengikuti Secara Virtual


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan, Rohadian dalam laporannya menyebutkan, kegiatan deklarasi damai Pilkades serentak tahun 2021 diselenggarakan secara tatap muka dan virtual zoom meeting.


"Yang hadir di Aula Sebuku sebanyak 100 orang, terdiri dari 78 orang dari Kecamatan Kalianda, dan 22 orang dari tim Pilkades Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan di 16 kecamatan sebanyak 530 mengikuti secara virtual dari kecamatan masing-masing", tuturnya.


Kemudian, Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 469,  jumlah panitia penyelenggara secara keseluruhan sebanyak 4.265 orang dan jumlah calon dari seluruh desa di kabupaten Lampung Selatan sebanyak 284.


Nampak hadir,  Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, anggota Forkopimda, Ketua Komisi I DPRD Lampung Selatan Bambang Irawan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, S.sos, M.M, serta beberapa kepala OPD.(db-bngpsp-aap).