(DBFMRadio.id) : Kalianda - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Selatan menggelar acara silaturahim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan dengan para tokoh lintas sektoral di Aula Krakatau, kompleks pemkab setempat pada Senin (24/2/2020).


Acara yang mengusung tema "Kita Wujudkan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan Tahun 2020 secara Aman, Damai, Jurdil dan Demokratis" ini, diikuti oleh 150 orang peserta yang merupakan tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para pengurus FKUB, FKDM, FPK, PPWK serta organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Lampung Selatan.


Kepala Kesbangpol Lampung Selatan, Thomas Amirico dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menciptakan stabilitas politik yang kondusif di tengah masyarakat jelang pelaksanaan Pilkada 2020 di Lampung Selatan.


"Maksud dan tujuannya yang pertama adalah menjalin silaturahim antara pemerintah (Kabupaten Lampung Selatan) dengan stakeholder untuk membahas permasalahan yang akan timbul jelang pemilihan bupati dan wakil bupati Lampung Selatan tahun 2020. Kemudian yang kedua menciptakan stabilitas politik pemerintahan yan kondusif di daerah," jelasnya.


Lebih lanjut Thomas menyampaikan agar melalui kegiatan ini dapat terjadi sinergi antara berbagai pihak terkait guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sehingga Pilkada Lampung Selatan dapat terlaksana dengan baik dan sukses.


"Saya berharap sinergitas kita dapat meningkatkan kamtibmas di wilayah kerja masing-masing, menjadi duta-duta perdamaian dan penyejuk yang nantinya bisa mendeteksi dini potensi konflik sehingga harmonisasi dan kamtibmas di Lampung Selatan bisa tercipta dengan baik. Dengan demikian proses politik melalui Pilkada di Lampung Selatan dapat dilaksanakan dengan sukses," ujarnya lebih lanjut.


Turut hadir dalam kegiatan ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Selatan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan, Penjabat Sekretaris Derah Kabupaten Lampung Selatan serta para pejabat struktural Pemkab Lampung Selatan.


Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dalam sambutannya membuka kegiatan ini menggaris bawahi beberapa hal penting berkenaan dengan jelang pilkada tahun 2020 di Kabupaten Lampung Selatan. Nanang mengapresiasi kesediaan para tokoh lintas sektoral untuk hadir dalam gelaran silaturahim dengan Pemkab Lampung Selatan. Dengan demikian akan terjalin komunikasi yang baik antar elemen.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan silaturahim ini dapat meningkatkan dan melancarkan komunikasi. Dengan silaturahim ini kita jalin komunikasi bagaimana kita ciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman, " ujarnya.


Nanang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk di Kabupaten Lampung Selatan untuk dapat menjada kebersamaan, persatuan dan kondusifitas di Kabupaten Lampung Selatan jelang Pilkada serentak pada tanggal 23 September 2020 mendatang.


"Saya berharap, Pilkada serentak di tahun 2020 ini tidak ada gesek gesekan, atau keributan yang akan merugikan masyarakat Lampung Selatan. Perbedaan dalam demokrasi merupakan hal yang wajar namun jangan sampai karena perbedaan itu terjadi perpecahan diantara kita, terangnya lebih jauh.


"Silaturahim ini merupakan kekuatan, tanpa dengan adanya kebersamaan dan persatuan seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat tentu pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tidak ada apa-apanya. InsyaaAllah dengan kebersamaan kita, persatuan dan kesatuan kita, cita-cita dan keinginan kita dalam berbangsa dan bernegara untuk menciptakan keadilan sosial di Lampung Selatan tercinta ini dapat dicapai," pungkasnya. (db/ptm).