DBFMRadio : Kalianda - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Wakil Ketua, Nuri Maulida Lenggono mengikuti webinar dalam rangka HUT Dekranas ke-41 tingkat nasional.


Webinar yang mengangkat tema Pengrajin Sehat, Pengrajin Hebat, Indonesia Maju, juga diikuti Jajaran pengurus Dekranasda Lampung Selatan dari Aula rajabasa sekdakab setempat, Rabu (3/3/2021).


Dalam arahannya, Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, mengatakan meski sedang dalam masa sulit ditengah pandemi, Dekaranasda harus mampu berjuang dalam mengembangkan produk kerajinan Nusantara.



"Dekaranasda harus tetap berjalan aktif dalam mengembangkan produk kerajinan Indonesia disertai dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.



Menurutnya, cara yang paling efektif untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan penjualan melalui platform digital atau penjualan produk secara online.


"Penjualan online tumbuh signifikan, hal ini harus kita manfaatkan, sehingga pengrajin kita (dekranas ; red) dapat memasarkan produk lebih masif lagi," ujarnya.


Ia berharap, dengan memaksimalkan pemasaran produk secara digital, produk kerajinan Nusantara mampu menjadi tuan rumah di Negara Indonesia.


Sementara, Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, mengatakan dengan bertambahnya usia dekranas, diharapkan menjadi lebih produktif, semakin memiliki peran besar untuk pengrajin, masyarakat, bangsa serta negara terutama dimasa pandemi ini.



"Dekranas diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku usaha, UMKM atau IKM, khususnya sektor kerajinan agar dapat kembali bangkit di masa pandemi," ungkapnya.


Lebih lanjut Wury mengatakan, guna memajukan kerajinan serta pengrajin di Indonesia, Dekranas telah melakukan berbagai program, yang diharapkan dapat berperan besar untuk kemajuan Indonesia kedepan.


"Diantaranya pembinaan kepada pengrajin pada 5 destinasi wilayah super, memfasilitasi akses kendaraan dan pemasaran dengan melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia, Tokopedia serta lainnya," ungkapnya lebih lanjut.


Dari pantauan DBFM Radio, sejumlah Kepala OPD terkait mengikuti, seperti , Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Lampung Selatan, Yusri, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan, I Ketut Sukerta. (db/ptm-aap).