(09:17:45) DBFMinfo (Bandarlampung) : Saat ini, satu miliar lebih kaum muslimin dan muslimat secara bersama sama dengan ikatan aqidah meski jarak terpisahkan, suku bangsa dan bahasa yang berbeda namun bersatu dalam sebuah ritual besar merayakan hari raya idhul adha 1440 H.
Khotib H. Noventa Yudiar, dari Kanwil Kemenag Lampung dalam Khotbahnya pada shalat iedhul Adha 1440 H di masjid Al-Islah Perum Bukit Kemiling Permai (BKP) Bandarlampung mengatakan, sebagai pernyataan pengakuan atas karunia Allah yang kita ucapkan bukanlah sekedar terucap dibibir tanpa arti, akan tetapi merupakan pengakuan dalam hati menyentuh dan menggetarkan jiwa manusia yang beriman.
"Allah Maha Besar Allah Maha Agung tiada yang patut disembah selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena itu hari ini saya mengajak diri sendiri dan juga seluruh jamaah sekalian marilah kita menundukkan kepala dan jiwa kita di hadapan Allah yang Maha Esa jauhkan sifat keangkuhan dan Kemurkaan yang dapat menjauhkan kita dari rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah memberikan rahmatnya kepada kita semua dengan nikmat yang tak terhingga" pesan H. Noventa Yudiar, Minggu (11/8/2019).
Pada bagian lain Khotbahnya, H.Noventa juga meminta kepada seluruh umat muslim di Indonesia yang salah satu nikmatnya adalah ditakdirkan hidup sebagai bangsa Indonesia dan hidup di tengah masyarakat yang berpendidikan namun dengan nilai karakter yang berbeda.
"ada baiknya kita melakukan sedikit perenungan sebagai anak bangsa dalam kaitannya dengan kemerosotan nilai-nilai Pancasila yang selaras dengan nilai-nilai Alquran adalah sangat relevan untuk kita budayakan" ujar dia mengingatkan.
Karakter Bangsa Indonesia, terus H. Noventa, secara etimologis, karakter lebih dekat dengan pshikhologis.
"Karakter Bangsa Indonesia secara etimologis lebih dekat dengan Pshikologis" jelasnya.(db).